Investor AS Mau Suntik Rp 770 M ke Anak Usaha Kalbe Farma

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 27 Jan 2021 11:24 WIB
Investor AS Mau Suntik Modal Rp 770 M ke Anak Usaha Kalbe Farma
Foto: Dok. Kalbe Farma
Jakarta -

Perusahaan financial investor global dari Amerika Serikat (AS), General Atlantic (GA) akan berinvestasi sebesar US$ 55 juta atau setara Rp 770 miliar (kurs Rp 14.000/US$) sebagai modal inti kepada anak usaha PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) yaitu PT Kalbe Genexine Biologics (KGBio).

Dana investasi GA akan digunakan oleh KGBio untuk pembiayaan uji klinik produk-produk biologi, inovasi dan perluasan portfolio produk KGBio serta peningkatan kapasitas fasilitas produksi.

KGBio memiliki visi untuk menjadi leader dan memainkan peran penting dalam pengembangan obat biologi dan biosimilar di Asia Tenggara. KGBio telah meningkatkan kemampuan dalam pengembangan obat (uji klinik) dan produksi serta memanfaatkan kekuatan distribusi dan jaringan Kalbe Grup untuk memperluas portofolio obat biologi di Asia Tenggara.

"Kami menyambut baik kesempatan untuk bekerja sama dengan General Atlantic, sebagai salah satu perusahaan financial investor global khususnya untuk pengembangan life science," kata Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk Irawati Setiady dalam keterangan resminya yang diterima detikcom, Rabu (27/1/2021).

Direktur Kalbe Farma yang juga Presiden Direktur KGBio Sie Djohan mengatakan bahwa KGBio sebagai perusahaan pengembangan obat biologis yang inovatif membuka peluang untuk mendapatkan partner untuk mempercepat ekspansi bisnis dan pertumbuhan KGBio.

Di sisi lain, GA merupakan financial investor yang saat ini memiliki fokus pada investasi life science. Jadi kedua perusahaan menemukan keselarasan dalam visi dan tujuan mereka untuk mendirikan perusahaan obat biologi terintegrasi penuh yang pertama di Asia Tenggara.

"Memiliki partner dengan investor terkemuka seperti General Atlantic membuat kami yakin bahwa KGBio akan mendapatkan akses dan eksposur KGBIO kepada expertise, jaringan, dan investasi internasional yang akan mempercepat upaya kami untuk membawa KGBio ke level berikutnya," kata Djohan.

Managing Director dan Head of Indonesia di General Atlantic Ashish Saboo pun mengapresiasi komitmen KGBio untuk memenuhi kebutuhan terapi kesehatan di kawasan Asia-Pasifik dengan menyediakan terapi kesehatan yang efektif dan terjangkau untuk kondisi kesehatan yang kronis.

"Kami sangat senang dapat mendukung KGBio dalam perjalanan mereka untuk mendorong inovasi bioteknologi global," tambah Ashish.

(eds/eds)