Rekor! Lukisan Remaja Abad ke-14 Ini Dilelang Seharga 1,2 Triliun

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 14:02 WIB
Lukisan abad ke-14 karya Sandro Botticelli
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Lukisan abad ke-14 karya Sandro Botticelli telah terjual seharga 67 juta pound sterling atau setara 1,2 triliun (kurs Rp 19.286) di pelelangan. Harga itu menjadi rekor baru untuk pelukis renaisans asal Italia itu.

Lukisannya sebuah potret Young Man Holding a Roundel yang diyakini telah dilukis pada tahun 1470-an atau 1480-an dan dianggap sebagai salah satu potret terbaik Botticelli. Lukisan dilelang di rumah lelang karya seni, Sotheby di New York.

Dikutip dari BBC, Jumat (29/1/2021) penjualan karya Botticelli berhasil dapat membantu menaikkan harga lukisan lain seperti pada saat banyak kolektor seni mengejar karya-karya baru dari seniman pasca-perang dan kontemporer.

Wakil Presiden Senior Sotheby, Christopher Apostle, menggambarkan Young Man Holding a Roundel sebagai mahakarya menjelang pelelangan.

"Gambar ini melambangkan dan mencontohkan Renaisans di Florence. Kami belum pernah melihat yang seperti itu seumur hidup saya," katanya.

Lukisan Young Man Holding a Roundel memperlihatkan seorang pria di akhir masa remajanya dengan rambut emas panjang duduk memegang cakram bundar yang menampilkan seorang suci berjanggut dengan tangan kanan terangkat.

Sotheby memajang lukisan itu di seluruh dunia kepada kolektor dan calon penawar sebelum pelelangan dalam upaya untuk meningkatkan permintaan.
Dipamerkan di Los Angeles, London dan Dubai dan disertai dengan katalog dengan esai ilmiah dan analisis teknis.

Pelelangan disiarkan langsung dari New York dan berlangsung kurang dari lima menit dengan hanya dua pesaing untuk lukisan itu. Harga jual menjadikan karya itu sebagai salah satu potret paling signifikan yang pernah dijual di pelelangan.

Rekor sebelumnya untuk Botticelli, pada 2013 ketika lukisan Madonna and Child dengan Young Saint John the Baptist dijual seharga 7,6 juta pound sterling.

(eds/eds)