Jack Ma Melunak, Ant Group Bakal Ikuti Aturan Regulator China

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 15:16 WIB
Jack Ma dan Pertarungan Politik China
Foto: detik
Jakarta -

Perusahaan jasa keuangan yang didirikan oleh Jack Ma, Ant Group berencana merestrukturisasi perusahaan sebagai perusahaan yang akan diawasi oleh Bank Sentral China.

Dikutip dari Business Insider, Jumat (29/1/2021) hal itu disampaikan oleh sumber yang mengetahui masalah ini dan kabarnya rencana ini telah diajukan kepada regulator atau pemerintah China.

Perubahan itu merupakan permintaan dari regulator China. Ini akan menghentikan rencana dari Ant Group dan membiarkan sisa pekerjaannya diawasi lebih ketat.

Hal ini disebut sebagai tamparan bagi Jack Ma dalam bisnisnya. Konfrontasi Jack Ma dengan negaranya memuncak ketika dia mengkritik sistem regulasi keuangan China pada 24 Oktober 2020, saat Ant Group bersiap untuk IPO.

Jack Ma kemudian tidak terlihat di depan umum selama berbulan-bulan. Dia muncul kembali dalam klip konferensi video pada 20 Januari kemarin.

Pada tanggal 2 November 2020, China memperkenalkan peraturan baru yang dampaknya menghentikan IPO Grup Ant. Pada Desember 2020, Ma menawarkan untuk mengakhiri konfrontasi dengan memberikan pemerintah China bagian dari Ant Group. Tapi tawaran itu tidak diterima.

Hingga pada 23 Desember 2020, regulator China meluncurkan penyelidikan antitrust ke Alibaba.

(eds/eds)