Beredar Rute Penerbangan ke Bandara JB Soedirman, Hoax or Not?

Vandi Romadhon - detikFinance
Selasa, 02 Feb 2021 18:16 WIB
Progres pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Wirasaba Purbalingga Jawa Tengah Per 10 Januari 2021 baru mencapai 83,8350%.
Foto: Dok. Humas Pemkab Purbalingga
Purbalingga -

Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, sudah menggelar rangkaian uji coba. Sementara itu, di media sosial beredar informasi rute penerbangan sejumlah maskapai seperti Citilink, Air Asia, Lion, Batik Air, Wings Abadi Airlines, dan Garuda Indonesia di bandara tersebut.

Dalam konten postingan itu menayangkan lengkap dengan waktu tempuh dan harga tiket dari Jakarta menuju bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga. Dari pantauan detikcom postingan itu muncul di berbagai grup komunitas warga Purbalingga

Konten ini diunggah akun facebook Bekisar Merah ke grup Suara Perwira Purbalingga. Dalam unggahan ini harga tiket pesawat Jakarta-Purbalingga beragam, mulai dari Rp 328.500 hingga Rp 1 jutaan.

Postingan itu pun langsung mendapatkan respon beragam dari pemirsanya, di grup Facebook Suara Purbalingga Perwira salah satunya, beberapa netizen berkomentar positif salah satu akun mengaku bersukur karena dengan munculnya rute pesawat itu dirinya bakal bias mudik tanpa terkena macet.

"Alhamdulillah ntar mudik ke Purbalingga bisa naik pesawat jadi ga macet macet ria," tulis salah satu akun, seperti dilihat detikcom, Selasa (02/02/2021)

Komentar lain salah satu netizen yang berkomentar dirinya mengekspresikan rasa senangnya karena adanya rute itu.

"Iyess.. ra lewat jalur darat maning pokoke (yes tidak lewat jalur darat lagi pokoknya)," tulisnya.

Ada pula warga yang tidak percaya dengan adanya postingan konten itu. Salah satu netizen bahkan langsung menilai rute penerbangan ke Bandara JB Soedirman itu berita tidak benar.

"aja cok hoax paman... mbok ana sing ra seneng ngko di ciduk karo siwur, (Jangan suka hoax paman... takut ada yang tidak suka nanti di ciduk pake gayung)" Tulis seorang warganet

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Yani Sutrisno, menyebut belum ada informasi tentang harga tiket dan rute penerbangan yang disebarkan itu.

"Kami belum belum mendapatkan informasi, setau saya belum," kata Yani

Dari pihak angkasa Pura II Oka Setiawan saat dimintai informasi melalui pesan singkat oleh detikcom menyampaikan sampai saat ini belum ada secara resmi rute penerbangan dari Jakarta menuju Bandara JB Soedirman Purbalingga.

Dia juga memastikan informasi yang beredar luas di Facebook merupakan hoax.

"Itu Hoax, Belum ada mas secara resminya, belum ada pembahasan rencana operasinya, nanti kalo sudah ada saya info," tegas Yani.

(hns/hns)