Uber Beli Perusahaan Pengiriman Alkohol Rp 15 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 03 Feb 2021 15:12 WIB
LONDON, ENGLAND - DECEMBER 22:  An Uber driver poses for a photograph in an Uber t-shirt and holding a smart phone displaying the Uber app after delivering petitions to the Transport for London headquarters on December 22, 2015 in London, England. The Uber drivers formally handed in the petition, signed by over 205,000 people, to oppose proposals such as introducing minimum 5 minute waiting times.  (Photo by Carl Court/Getty Images)
Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Perusahaan jasa transportasi online, Uber dikabarkan membeli startup pengiriman alkohol, Drizly seharga US$ 1,1 miliar setara Rp 15 triliun (kurs Rp 14.051) dalam bentuk saham dan uang tunai.

Dikutip dari CNN, Rabu (3/2/2021) kesepakatan itu akan membuat Drizly diintegrasikan ke dalam aplikasi pengiriman makanan Uber sambil tetap menjadi aplikasi mandiri.

Drizly sendiri didirikan pada tahun 2012. Sekarang perusahaan telah bermitra dengan ribuan pengecer di lebih dari 1.400 kota di AS untuk menjual alkohol melalui platformnya. Perusahaan mengklaim mereka bisa mengirim alkohol kurang dari satu jam.

"Ke mana pun Anda ingin pergi dan apapun yang Anda butuhkan, tujuan kami di Uber adalah membuat hidup orang sedikit lebih mudah. Itulah mengapa kami telah bercabang ke dalam kategori baru seperti bahan makanan, resep dan, sekarang, alkohol," kata CEO Uber Dara Khosrowshahi.

Sejak pandemi COVID-19 layanan pengiriman makanan milik Uber, Eats telah menyelamatkan perusahaan saat layanan jasa antar jemput online anjlok. Selain itu, pandemi juga telah memangkas pekerja Uber sebanyak 25%.

Pada bulan Juli, Uber juga mengakuisisi salah satu pesaing pengiriman makanannya yang lebih kecil, Postmates, seharga US$ 2,65 miliar dalam kesepakatan saham.

(eds/eds)