Stasiun Ini Mulai Deteksi COVID-19 Pakai GeNose, Tarifnya Rp 20.000

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 04 Feb 2021 19:00 WIB
PT KAI (Persero) melakukan uji coba penggunakan GeNose untuk mendeteksi COVID-19 di Stasiun Senen, Jakarta. Calon penumpang tampak antusias.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

PT KAI (Persero) akan menggunakan GeNose di stasiunnya mulai Jumat (5/2) besok untuk mendeteksi COVID-19. Sebagai tahap awal baru akan tersedia di dua stasiun yakni di Stasiun Pasar Senen, Jakarta dan Stasiun Tugu, Yogyakarta.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan tarif GeNose per orangnya akan dikenakan Rp 20.000 selama uji coba. Cara pengecekannya yakni melalui embusan napas.

"Tarif yang dikenakan pada saat uji coba atau pre-launching ini adalah Rp 20.000," ujar Joni dalam keterangan tertulis, Rabu (3/2/2021).

KAI dipastikan sudah siap menyelenggarakan layanan pemeriksaan GeNose di stasiunnya. Hal ini dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah menghadirkan layanan transportasi kereta api yang bebas COVID-19.

"Dengan adanya layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun akan semakin memperkuat deteksi dini penularan COVID-19 sehingga lebih mempercepat pencegahan penularan COVID-19 dan menjadikan moda transportasi Kereta Api yang makin nyaman aman dan sehat," ucap Joni.

Surat keterangan hasil pemeriksaan GeNose yang menyatakan negatif COVID-19 bisa menjadi syarat perjalanan pelanggan kereta jarak jauh seperti Rapid Test Antigen atau RT-PCR.

Aturan tersebut sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 11 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam masa Pandemi COVID-19.

Tonton juga Video: Menristek Ungkap 3 Kelebihan GeNose Sebagai Alat Screening COVID-19

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2