Terpopuler Sepekan

Tesla Batal Sambangi RI, Begini Fakta-faktanya

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 06 Feb 2021 12:15 WIB
Logo Tesla
Foto: REUTERS/Lucas
Jakarta -

Kabar tim Tesla bakal menyambangi Indonesia sudah sangat gencar sejak Desember 2020. Tim produsen mobil listrik Amerika Serikat (AS) itu dikabarkan akan datang ke Indonesia pada awal tahun 2021.

Anak buah Elon Musk ini nantinya akan membahas rencana investasi di Indonesia. Namun hal tersebut dikabarkan batal. Ada beberapa hal yang membuat Tesla gagal menginjakkan kakinya di tanah air.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyatakan perwakilan Tesla membatalkan kunjungannya ke Indonesia pada bulan ini.

"Iya (jadwal kedatangan akan mundur dari Februari 2021)," kata Juru Bicara Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi dikutip dari CNN Indonesia, kemarin Senin (1/2/2021).

Berikut ini fakta-fakta terkait batalnya Tesla ke Indonesia:

1. Pembatasan WNA

Hal itu karena aturan pembatasan kedatangan warga negara asing (WNA). Kunjungan tim Tesla ini dalam rangka penjajakan pembangunan pabrik baterai di Indonesia. Dia menekankan tim Tesla hanya menunda kedatangannya ke Indonesia. Kata Jodi, Tesla masih menunggu aturan pembatasan kunjungan WNA dicabut.

"Bukan batal. Masih menunggu restriksi, pembatasan, kunjungan orang asing dicabut," katanya.

Simak Video: Langkah Jokowi Pepet Investasi ke Elon Musk

[Gambas:Video 20detik]