Semarang Banjir, Rel Kereta yang Terendam Ditinggikan

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Senin, 08 Feb 2021 14:23 WIB
PT KAI tinggikan rel kereta yang masih terendam banjir
Foto: Dok. PT KAI Daop 4 Semarang
Semarang -

Kondisi stasiun Tawang Semarang hari ini sudah bersih setelah sempat terendam air banjir. Namun masih ada perjalanan kereta yang terdampak akibat masih ada rel yang terendam.

Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan pukul 11:00 wib ketinggian air masih 21 cm diatas kop rel yang merendam jalur sepanjang kurang lebih 500 meter di km 2+700 Kaligawe, Petak Jalan Semarang Tawang - Alastua Ditinggikan.

"Secara keseluruhan jalur yang masih terendam air mencapai hingga kurang lebih 6 km, hanya saja di km 2+700 s.d 3+100 merupakan yang paling dalam airnya, masih melewati ambang batas yang diijinkan untuk pola operasi KA," kata Krisbiyantoro lewat pesan singkat, Senin (8/2/2021).

Ia menjelaskan upaya KAI mempercepat pemulihan jalur KA lintas Utara dilakukan petugas KAI resort Jalan Rel Daop 4 Semarang dengan meninggikan jalur tersebut semaksimal mungkin dengan material cadangan yang ada terlebih dahulu.

"Ini dilakukan untuk membuat jalur KA sebisa mungkin mendekati ambang batas kedalaman air yang diijinkan untuk pola operasi KA. Bila ketinggian air 7,5 cm diatas kop rel, maka pola operasi KA akan bisa dibuka kembali untuk jalur lintas Utara ini," jelasnya.

Sementara itu terkait Info Pengalihan Rute Perjalanan KA Penumpang yang terdampak akibat rel yang terendam yaitu:

- Argo Bromo Anggrek tujuan Jakarta
- Argo Bromo Anggrek tujuan Surabaya
- Argo Bromo Anggrek tujuan Jakarta
- Argo Bromo Anggrek tujuan Surabaya
- Dharmawangsa tujuan Jakarta
- Dharmawangsa tujuan Surabaya
- Jayabaya tujuan Jakarta
- Jayabaya tujuan Malang

(alg/hns)