Ada Aplikasi Nonton TikTok Dibayar, Satgas Investasi Beri Lampu Kuning

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 08 Feb 2021 19:16 WIB
Tik Tok
Foto: Tik Tok
Jakarta -

Satgas Waspada Investasi (SWI) akan melakukan pemeriksaan terhadap aplikasi TikTok Cash. Aplikasi ini tengah ramai dibicarakan masyarakat karena memberikan iming-iming keuntungan berupa saldo yang bisa dicairkan, dengan menjalankan misi mulai dari follow akun, like hingga menonton video TikTok.

Ketua SWI Tongam L Tobing mengatakan, TikTok Cash merupakan kegiatan yang tidak ada izinnya. Dia bilang, pihaknya akan melakukan analisis terkait hal tersebut.

Apalagi, aplikasi tersebut seperti money game, di mana pesertanya juga diminta merekrut anggota lain.

"Itu kegiatan TikTok Cash memang kegiatan yang tidak ada izinnya, jadi kami sudah melakukan analisis dan mungkin kita akan bahas Satgas Waspada Invetstasi karena itu seperti money game juga. Di mana para pesertanya itu harus merekrut anggota juga untuk masuk ke sana. Kita akan bahas nanti dengan Satgas mungkin minggu depan," katanya kepada detikcom, Senin (8/2/2021).

Ia pun meminta agar masyarakat tidak ikut kegiatan tersebut.Terlebih anggota yang masuk belakangan berpotensi dirugikan.

"Kami menduga itu kegiatan karena tidak ada izin seperti yang dilakukan itu, ya memang sebaiknya masyarakat tidak ikut dulu kegiatan itu karena potensinya adalah peserta yang belakangan masuk nanti itu kemungkinan bisa dirugikan," teranganya.

Dia menambahkan, agar masyarakat menghindari kegiatan yang polanya menarik anggota lain untuk mendapat keuntungan. Dia juga menambahkan, TikTok Cash tersebut tidak ada kaitannya dengan aplikasi video TikTok.

"Jadi masyarakat kalau ada kegiatan seperti member get member, mendapat keuntungan ini, agar dihindari. Kita melakukan edukasi ke masyarakat lah supaya waspada penawaran TikTok Cash ini," jelasnya.

"Karena TikTok Cash ini tidak ada kaitannya sama TikTok. Sebenarnya itu adalah komunitas-komunitas yang membuat sendiri untuk keuntungan pribadi dan kelompoknya," ujarnya.



Simak Video "TikTok Cash Diblokir Kominfo!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)