Thai Airways Mau Setop Operasi 3 Pesawat dan PHK 395 Pilot

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 09 Feb 2021 13:40 WIB
Thai Airways Akan Dilaporkan Bangkrut, Pemerintah Percepat Langkah Penyelamatan
Foto: DW (News)
Jakarta -

Thai Airways telah memutuskan untuk menghentikan tiga jenis pesawat dalam armadanya, Airbus A-330-300, Airbus 380 dan Boeing 747. Selain itu, maskapai juga berencana memangkas 395 pilotnya.

Dikutip dari Asia One, Selasa (9/2/2021), dipangkasnya ratusan pilot itu menurunkan jumlah pilot maskapai menjadi 905. Keputusan ini diambil karena situasi industri penerbangan saat ini yang telah terpukul keras oleh pandemi COVID-19.

Thai Airways menegaskan maskapai tidak berencana untuk mempekerjakan lebih banyak pilot antara pada 2021 dan 2022. Maskapai ini juga meminta lessor pesawat, produsen mesin dan perusahaan jasa untuk mengurangi biaya.

Akibat pandemi Thai Airways juga sempat banting stir menjual makanan setelah dinyatakan bangkrut dengan total utang 332,2 miliar baht.

Thai Airways diketahui membuka usaha baru yakni membuat gorengan olahan sendiri. Gorengan itu, patong-go sejenis roti goreng atau cakwe yang per bulannya bisa menghasilkan omzet sekitar 10 juta baht.

Presiden Thai Airways, Chansing Treenuchagron mengatakan gorengan itu sangat populer sampai orang-orang rela antre panjang membelinya tiap pagi. Atas popularitas dan kesuksesan tersebut, mereka berencana membuat franchise atas produk gorengan tersebut.

Sejauh ini, Thai Airways baru punya lima gerai patong-go yang tersebar di seluruh Bangkok. Kelima gerai itu berlokasi di toko roti Puff & Pie di pasar Or Tor Kor, kantor pusatnya di distrik Chatuchak, gedung Rak Khun Tao Fa, gedung Thai Catering di distrik Don Muang, dan kantor cabang Thai Airways di Silom.

Usai Bantin stir, Thai Airways juga sempat menjual 34 unit pesawat penumpangnya. Tujuannya untuk modernisasi armadanya. Thai Airways mengumumkan penjualan itu melalui situs resminya. Bagi pembeli, perusahaan akan mengirimkan pesawat-pesawat yang dijual itu pada kuartal II-2021.

Saksikan juga 'Usai Jual 'Odading', Thai Airways Obral 34 Pesawat':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)