Toko Online Sering Kasih Giveaway, Buat Apa Sih Fungsinya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 10 Feb 2021 10:04 WIB
BRISTOL, UNITED KINGDOM - AUGUST 11:  In this photo illustration a woman uses a credit card to buy something online on August 11, 2014 in Bristol, United Kingdom. This week marks the 20th anniversary of the first online sale. Since that sale - a copy of an album by the artist Sting - online retailing has grown to such an extent that it is now claimed that 95 percent of the UK population has shopped online and close to one in four deciding to shop online each week.  (Photo Illustration by Matt Cardy/Getty Images)
Foto: GettyImages
Jakarta -

Praktik giveaway alias membagikan barang secara gratis sering dilakukan pelapak online. Perlu diketahui, ternyata praktik giveaway sebetulnya digunakan untuk menarik followers di media sosial bukan untuk meningkatkan penjualan.

Hal itu diungkapkan oleh digital marketer sekaligus millenial entrepreneur Richard Putra. Dia mengungkapkan giveaway adalah salah satu cara ampuh untuk meningkatkan engagement di media sosial.

"Saya bocorkan aja nih, giveaway itu sebetulnya bukan untuk peningkatan penjualan. Jadi ini untuk engagement di media sosial kita sebenarnya," kata Richard dalam sesi D'Mentor detikcom.

Dia mengungkapkan untuk mendapatkan followers di media sosial untuk mempromosikan bisnis memang tak mudah. Maka dari itu giveaway bisa menjadi opsi.

"Teman-teman yang memulai bisnis pasti kendalanya adalah nggak punya followers. Cara dapatkannya bagaimana? Bisa kita gunakan jasa giveaway," papar Richard.

Richard memaparkan jurus agar giveaway dapat mendongkrak engagement di media sosial, caranya adalah meminta influencer ataupun pemilik akun yang cukup bagus personal branding-nya untuk menawarkan giveaway untuk produk yang mau dipasarkan.

Syarat untuk mendapatkan giveaway tersebut wajib mem-follow akun online shop yang mau dipromosikan. Dengan begitu maka followers akan bertambah, bahkan bentuknya asli bukan akun bodong macam jasa suntik followers.

"Nah caranya kita gunakan jasa influencer yang melakukan giveaway, di mana syaratnya adalah follow akun online shop kita misalnya. Kita bisa gunakan jasa mereka nanti kita dapat followers asli, real, dan ada orangnya, bukan suntik followers," ujar Richard.

Dengan followers yang makin banyak maka akan memudahkan promosi produk pada media sosial. Di sisi lain, konsumen juga akan makin percaya untuk mengunjungi online shop karena di media sosial memiliki banyak followers.

"Dari situ lah banyak followers kita, maka kepercayaan pada akun kita akan makin bagus," ujar Richard.

Tonton juga Video: Jokowi Soroti Produk Impor Banjiri Toko Online RI

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ang)