Daftar Jabatan Bergengsi yang Pernah Dijabat Sri Mulyani

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 11 Feb 2021 20:50 WIB
Sanjungan ke Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan Wanita Pertama di RI
Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati kembali memegang jabatan bergengsi. Kali ini dia terpilih menjadi Ketua atau Co-Chair the Coalition of Finance Ministers for Climate Action periode 2021-2023, menggantikan Menkeu Chile.

Terpilihnya wanita yang akrab disapa Ani ini melalui pemungutan suara (voting) yang diikuti oleh para Menteri Keuangan dari 52 negara anggota koalisi. Terdapat 3 calon yang dipilih yaitu Sri Mulyani, Menteri Keuangan Filipina, dan Menteri Keuangan Uganda.

Hal itu menambah daftar panjang jabatan bergengsi yang disabet Sri Mulyani. Dirangkum detikcom, Kamis (11/2/2021), Sri Mulyani pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif IMF mewakili 12 negara Asia Tenggara selama tahun 2002-2004.

Tuntas menjadi Direktur IMF, Sri Mulyani selanjutnya menjadi Menneg PPN/Kepala Bappenas. Namun jabatan itu tidak dipegangnya terlalu lama karena pada tahun 2005, Presiden SBY menunjuknya sebagai Menteri Keuangan menggantikan Jusuf Anwar.

Kepercayaan yang diberikan Presiden SBY kepada Sri Mulyani terus bertambah karena pada Juni 2008 hingga 2009, tugas Sri Mulyani bertambah dengan menjadi Plt Menko Perekonomian. Jabatan Menko Perekonomian kosong setelah Boediono ditunjuk sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI).

Jabatan Menteri Keuangan untuk Sri Mulyani dilanjutkan ketika pemerintahan SBY berlanjut untuk periode tahun 2009-2014. Pada 2010 dia diminta menduduki posisi Direktur Pelaksana sekaligus Chief Operating Officer (COO) di Bank Dunia dari 2010-2016. Kala itu dia bertanggung jawab atas operasional institusi Internasional tersebut di seluruh dunia.

Akhirnya Sri Mulyani 'dipinang' Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja. Jabatan itu berlanjut hingga kini di kabinet Indonesia maju pada periode kedua Jokowi.

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan, sejumlah penghargaan bergengsi pun berhasil diraih Sri Mulyani seperti penghargaan menteri keuangan terbaik. Wanita kelahiran Lampung itu juga berhasil masuk dalam daftar 100 wanita berpengaruh di dunia versi majalah Forbes.

(aid/fdl)