3 Fakta Aturan-Tata Cara Nonton Bioskop di DKI Selama PPKM

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 12 Feb 2021 07:35 WIB
Sejumlah bioskop di Jakarta tetap buka bahkan dengan kelonggaran operasional dan kapasitas maksimal 50% dari sebelumnya hanya 25%. Nyatanya, masih sepi.
Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Sudah 3 hari PPKM mikro atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat skala desa/kelurahan berjalan, dan akan berlangsung sampai 22 Februari mendatang. Selama periode itu, bioskop-bioskop di Ibu Kota tetap buka.

Namun, suasana di bioskop DKI masih sepi. Selain itu, ada beberapa ketentuan juga harus dipatuhi pengunjung untuk menonton di bioskop. Berikut 3 faktanya:

1. Aturan Operasional Bioskop DKI Selama PPKM Mikro

Selama PPKM Mikro di DKI, bioskop boleh beroperasi, bahkan diberi kelonggaran dalam operasionalnya. Pertama, bioskop boleh beroperasi dengan kapasitas pengunjung maksimal 50%, dari sebelumnya dibatasi hanya 25%.

Jam penayangan film terakhir juga dilonggarkan menjadi pukul 19.30 WIB, dari sebelumnya 19.00 WIB.

2. Tata Cara Nonton di Bioskop Selama PPKM

Di bioskop XXI Mal Taman Anggrek, pengunjung diwajibkan memeriksa suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer sebelum masuk. Lalu, pembelian tiket hanya menggunakan alat pembayaran non tunai. Lalu, jarak kursi penonton dalam teater ialah satu kursi.

Sementara itu, di bioskop CGG Grand Indonesia, pengunjung diwajibkan mengisi data diri dengan memindai QR code sebelum masuk ke bioskop. Lalu, pembelian tiket bisa melalui layanan mandiri (self service), atau di loket dengan pembayaran non tunai.

Di bioskop CGV, penonton sudah diizinkan makan/minum di dalam studio. Jarak kursi penonton juga sama, yakni 1 kursi.

Baik di bioskop XXI Taman Anggrek maupun CGV Grand Indonesia, petugas menggunakan masker dan face shield. Pengunjung juga diwajibkan tetap menggunakan masker di area bioskop.

3. Jelang Long Weekend, Bioskop DKI Masih Sepi

Meski aturan operasional sudah dilonggarkan, kemudian juga libur panjang akhir pekan selama Tahun Baru Imlek sudah dimulai, bioskop-bioskop di DKI masih sepi.

Dari pantauan detikcom, Kamis (11/2/2021), di bioskop XXI Taman Anggrek misalnya, suasananya sepi. Di lobi bioskop terpantau hanya ada sekitar 5 pengunjung. Begitu memasuki satu teater yang menayangkan film fiksi/ilmiah Hollywood pada pukul 13.00 WIB, kursi penonton hanya terisi 5 orang.

Tak jauh berbeda, di bioskop CGV Grand Indonesia juga sepi. Bioskop terbesar CGV di Indonesia ini terasa sangat lengang karena pengunjung yang berlalu-lalang hanya sekitar 10 orang.

Dalam studio yang menayangkan film fiksi Hollywood pada pukul 15.00 WIB juga sama, sepi-sunyi. Terpantau hanya sekitar 5 orang yang mengisi studio tersebut.

Lihat juga Video: Lagi Tren, Platform Nonton Dijadikan Pilihan Gala Premiere Film

[Gambas:Video 20detik]



(vdl/zlf)