Biar Tak Amsyong di Tahun Kerbau Logam, Hindari Bisnis Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 12 Feb 2021 17:05 WIB
Perayaan Imlek tahun ini digelar di masa pandemi COVID-19. Guna cegah Corona, warga keturunan Tionghoa berdoa di klenteng dengan terapkan protokol kesehatan.
Foto: Pius Erlangga/Detikcom
Jakarta -

Pakar Feng Shui Yulius Fang membeberkan bidang usaha berelemen air masih sial di tahun kerbau logam. Buat kamu yang ingin berbisnis sebaiknya hindari dulu bidang usaha dengan elemen air tersebut. Apa saja itu?

"Jadi bidang yang berelemen air itu seperti apa saja? itu berhubungan dengan pariwisata ya, berhubungan dengan tour travel, berhubungan dengan transportasi, berhubungan dengan sesuatu yang sifatnya mobile ya," kata dia dalam episode terbaru Podcast Tolak Miskin 'Meramal Cuan Bisnis dan Investasi Tahun Kerbau Logam' Jumat (12/2/2021).

Bahkan bisa dibilang bidang usaha berelemen air ini sudah tertimpa sial selama 4 tahun terakhir. Sejak tahun anjing tanah, bisnis dengan elemen air sudah terkendala. Waktu itu dimulai dari persoalan mahalnya tiket pesawat terbang. Hal itu memukul sektor pariwisata.

"Dan sampai ke babi tanah ya pada saat itu kalau nggak salah kenaikan harga avtur atau apapun itu bahan bakar. Kemudian tahun tikus logam juga terkena yaitu karena pandemi Corona. Dan tahun kerbau logam ini kena," sebutnya.

Memang, ada pengecualian pada beberapa bidang usaha berelemen air yang justru cuan, yaitu bisnis logistik atau ekspedisi. Dia menyebut hal itu sebagai paradoks. Bisnis tersebut masih mujur lantaran aktivitas belanja online meningkat di tengah pandemi COVID-19.

"Nah ini hanya special case untuk yang elemen air ini. Tetapi yang lainnya adalah bisnis yang leisure-nya, yang minuman, cafe, bisnis jasa, ini ada satu hal yang kurang baik dan masih harus bersabar, dan juga disarankan untuk lebih menerapkan strategi lain untuk bisa survive ataupun mungkin bisa lebih baik daripada tahun kemarin," tambahnya.

(toy/zlf)