Sri Mulyani Sunat Anggaran TNI-Polri, Segini Nilainya

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 16 Feb 2021 11:36 WIB
POster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyunat anggaran TNI dan Polri untuk tahun 2021. Hal itu merupakan kebijakan refocusing dan realokasi anggaran untuk penanganan pandemi COVID-19.

Anggaran Kemhan/TNI yang berhasil dihemat berdasarkan hitung-hitungan sebesar Rp 6,28 triliun dari pagu anggaran Rp 137,295 triliun.

"Kalau kita lihat dari Kemenhan dan TNI yang perlu melakukan refocusing dilakukan terutama untuk belanja-belanja yang memang bisa dilakukan atau dikurangi, di luar belanja pegawai dan belanja barang operasional yang tidak boleh di-refocusing atau realokasi karena ini adalah yang merupakan prioritas," kata Sri Mulyani dalam Rapim TNI-Polri yang disiarkan di YouTube, kemarin Senin (12/2/2021).

Sementara itu, anggaran Polri yang berhasil dihemat adalah Rp 5,51 triliun dari alokasi anggaran Rp 112,1 triliun di 2021.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjelaskan bahwa anggaran yang dihemat tidak mengorbankan pos-pos prioritas, baik di lingkungan TNI maupun Polri.

"Dalam hal ini untuk refocusing-nya tidak menyentuh belanja pegawai dan belanja barang yang sifatnya operasional karena itu tidak boleh dikompromikan. Namun untuk belanja-belanja yang masih bisa dihemat seperti paket meeting, perjalanan dinas, renovasi gedung itu masih bisa ditunda untuk kita lakukan fokus di dalam penanganan COVID," tambahnya.

Saksikan juga 'Pandemi Corona, Sri Mulyani: Semua Negara Alami Kenaikan Utang':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/eds)