Marie Thomas Melegenda, Apa Kabar Kesejahteraan Dokter di RI?

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 17 Feb 2021 18:40 WIB
Google Doodle Marie Thomas
Foto: Google
Jakarta -

Indonesia patut berbangga karena memiliki salah satu tokoh anak bangsa Marie Thomas. Sosoknya begitu dihormati dunia, bahkan oleh perusahaan mesin pencari terbesar Google.

Hari ini Google menjadikan sosok Marie Thomas sebagai Google Doodle. Hal itu dilakukan sebagai penghormatan karena hari ini adalah hari kelahiran Marie Thomas.

Wanita kelahiran 17 Februari 1896 itu merupakan dokter perempuan pertama di Indonesia. Dia menempuh pendidikan di Sekolah Pendidikan Dokter Hindia Belanda (STOVIA) yang sebelumnya hanya menerima siswa laki-laki.

10 tahun belajar akhirnya dia lulus dan menjadi spesialis di bidang kandungan dan kebidanan. Itulah mengapa Google menampilkan sosok Marie Thomas dengan sosok wanita berbaju putih sedang menggendong bayi.

Peran Marie Thomas untuk profesi kedokteran dan tenaga kesehatan lainnya di Indonesia juga cukup besar. Dia juga mendirikan sekolah kebidanan pertama di Sumatera.

Setelah 55 tahun dari kematiannya pada 1966, bagaimana kesejahteraan para dokter di Indonesia saat ini?

Tarif dokter di Indonesia sering menjadi perbincangan dan terkadang menimbulkan polemik. Memang pekerjaan sebagai dokter dianggap sebagai profesi yang memiliki penghasilan cukup besar. Meskipun seorang dokter juga memiliki tanggung jawab yang sangat besar.

Namun kabarnya masih banyak juga dokter di Indonesia yang memiliki penghasilan sangat kecil. Tahun lalu misalnya, diberitakan oleh detikNews, Ketum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr Daeng M Faqih menyebut masih banyak dokter di Indonesia yang gajinya di bawah Rp 3 juta per bulan. Menurutnya, mayoritas dokter umum berpraktik pada golongan III dengan masa kerja di bawah 5-10 tahun.

Selanjutnya
Halaman
1 2