Subsidi Kuota Belajar 2021 Cair Maret-Mei, Cek Daftar Paketnya di Sini!

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 18 Feb 2021 16:31 WIB
Anak-anak belajar di Aula Kelurahan Jati Rahayu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/7/2020). Pihak kelurahan menyediakan fasilitas ruang belajar ber-AC dan wifi gratis bagi siswa. Tujuannya untuk membantu siswa yang selama ini sulit memenuhi paket kuota internet untuk belajar sekolah.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali melanjutkan bantuan kuota belajar untuk memudahkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Rencananya bantuan itu akan dicairkan dalam waktu dekat ini.

"Kabar gembira bantuan subsidi kuota akan dilanjutkan untuk bulan Maret, April, dan Mei 2021," ujar Mendikbud Nadiem Makarim dalam rapat kerja Komisi X DPR RI pada Rabu (20/1/2021) lalu, yang disiarkan melalui channel YouTube DPR RI.

Adapun bantuan yang dikeluarkan nanti sama dengan bantuan kuota internet Kemendikbud pada tahun 2020 lalu yang terdiri atas kuota umum dan belajar. Kuota umum dapat digunakan untuk mengakses seluruh situs dan aplikasi, sedangkan kuota belajar hanya bisa mengakses sarana daring pembelajaran.

Untuk besaran kuotanya berbeda-beda. Berikut daftar lengkap paket bantuan kuota internet tersebut:

A. Peserta Didik Jenjang PAUD 20 GB per bulan, terdiri atas:

5 GB Kuota Umum

15 GB Kuota Belajar

4 Bulan Durasi Bantuan

B. Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah 35 GB per bulan, terdiri atas:

5 GB Kuota Umum

30 GB Kuota Belajar

4 Bulan Durasi Bantuan

C. Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah 42 GB per bulan, terdiri atas:

5 GB Kuota Umum

37 GB Kuota Belajar

4 Bulan Durasi Bantuan

D. Dosen dan Mahasiswa 50 GB per bulan, terdiri atas:

5 GB Kuota Umum

45 GB Kuota Belajar

4 Bulan Durasi Bantuan

Untuk informasi lebih lengkapnya terutama terkait daftar laman dan aplikasi pembelajaran yang dapat diakses dengan kuota belajar bisa mengunjungi situs resmi https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/. Selain itu, dari link tersebut juga dapat diakses informasi terkait pemanfaatan kuota belajar Kemdikbud lainnya.

(zlf/zlf)