Curhat Pengusaha: Truk Rusak Terendam Banjir-Kirim Barang Tertunda

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 21 Feb 2021 18:17 WIB
Berbagai upaya dilakukan warga untuk dalam menerobos banjir di Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara. Mulai dari memakai jasa gerobos hingga menumpang truk.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengungkapkan kerugian yang diakibatkan banjir kemarin. Ketua Umum DPP Aptrindo Gemilang Tarigan mengatakan tak sedikit truk-truk logistik yang rusak karena terendam air.

Selain itu, banjir juga menyebabkan lumpuhnya aktivitas pengiriman barang. Sebab, jalan menuju pabrik-pabrik tertutup genangan air.

"Ya (bisnis logistik) terganggu, karena pertama akibat banjir ini banyak pabrik-pabrik juga jalan menuju ke pabrik tidak bisa diakses, dan juga termasuk pool-pool truk kita ini banyak terendam juga," kata dia kepada detikcom, Minggu (21/2/2021).

Pihaknya baru bisa melakukan pengiriman ketika banjir telah surut. Sementara nilai kerugian materiil yang dialami, dia belum bisa menyebutkan karena belum ada data terkait itu.

"(Kerugian) pertama mobil terendam kan rusak. Kemudian ya tentunya nggak bisa operasi juga kan kerugian," paparnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldi Ilham Masita juga mengungkapkan dampak parah yang diakibatkan oleh banjir, termasuk di Jakarta kemarin.

"Banjir di Jakarta yang hampir merata diseluruh wilayah berdampak parah pada pengiriman logistik terutama pengiriman e-commerce, juga pengiriman ke toko-toko retail," jelasnya.

Pihaknya masih menghitung besarnya kerugian yang diakibatkan banjir tersebut. Sementara kegiatan pengiriman barang hari ini mulai normal.

"Semua pengiriman tertunda, baru mulai hari ini," tambah Zaldi.



Simak Video "Akses Kebanjiran, Puskesmas Mampang Layani Warga di Posko Pengungsian"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)