Sulit Unggah Foto KTP saat Daftar Prakerja? PMO: Coba Lagi Agak Malam

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 23 Feb 2021 21:00 WIB
kartu pra kerja
Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 sudah mulai dibuka per hari ini, Selasa (23/2/2021). Meski telah dibuka, banyak masyarakat yang mengeluh kesulitan mengunggah foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat hendak mendaftarkan diri di laman www.prakerja.go.id.

Keluhan itu muncul di akun Twitter resmi @prakerjagoid. Diunggahan terbaru @prakerjagoid beberapa warganet mengadu keluhan serupa.

"Ga bisa upload foto ktp gagal terus gimana solusinya?" cuit @Eryck_sativa.

"Min kenapa gagal terus upload ktp ya? Padahal udah bener," cuit akun lainnya @parttimeofhome.

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu pun angkat suara. Menurut Louisa kesulitan mengunggap KTP itu bisa terjadi karena tingginya minat masyarakat mengikuti Kartu Prakerja Gelombang 12 ini.

"Kami memantau tingginya minat masyarakat untuk mengikuti gelombang 12 Kartu Prakerja yang baru saja dibuka. Hal ini mungkin menyebabkan ada masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengunggah KTP," ujar Louisa kepada detikcom, Selasa (23/2/2021).

Louisa pun mengimbau masyarakat agar tak terburu-buru saat mendaftarkan diri di website www.prakerja.go.id. Sebab, penerimaan peserta bukan didasarkan siapa yang duluan mendaftar.

"Perlu kami jelaskan bahwa seleksi Kartu Prakerja tidak berdasarkan siapa yang lebih dahulu mendaftar. Proses randomisasi baru dilakukan setelah penutupan gelombang," terangnya.

Untuk itu, Louisa menyarankan kepada masyarakat yang kesulitan mengunggah KTP nya saat mendaftar, mencoba lagi tengah malam atau esok hari saja.

"Jadi kalau ada kesulitan mengunggah KTP silakan dicoba lagi nanti agak malam atau besok hingga 26 Februari," imbuhnya.



Simak Video "Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)