Jangan Lupa! Laporkan Sepeda Barunya ke Daftar Harta di SPT Ya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 24 Feb 2021 08:15 WIB
Wajib pajak melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak 2019 secara online menggunakan gawai di Tangerang Selatan, Banten, Kamis (12/3/2020). Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) mencatat, sebanyak 96 persen dari 6,27 juta Wajib Pajak (WP) orang pribadi (OP) melaporkan SPT Pajak secara online melalui e-filling maupun e-SPT. FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari/aww.
Foto: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI
Jakarta -

Ditjen Pajak Kementerian Keuangan mengimbau agar masyarakat melengkapi kolom daftar harta dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Ditjen Pajak juga menegaskan harta yang dilaporkan pada SPT tidak akan kembali dikenakan pajak.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Neilmaldrin Noor menjelaskan yang dilaporkan wajib pajak dalam laporan SPT adalah penghasilan. Sedangkan harta yang dilaporkan tidak dipajaki.

Sebagai contoh, misalnya wajib pajak melaporkan sepeda sebagai salah satu daftar harta di dalam SPT, meski sudah dilaporkan sepeda tidak akan dipajaki kembali. Begitu juga harta-harta dalam jenis lainnya.

"Tidak (dipajaki). Pajak penghasilan dikenakan atas penghasilan yang diterima atau diperoleh. Bukan sepeda dipajaki, sepeda dilaporkan ke dalam daftar harta di SPT tahunan saja," kata Neilmaldrin kepada detikcom, Selasa (23/2/2021).

Neilmaldrin mengungkapkan dalam Pasal 3 Undang-undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) disebutkan bahwa SPT harus diisi dengan benar, lengkap, dan jelas.

Dia menegaskan salah satu yang harus dilengkapi adalah mengisi kolom daftar harta. Seluruh jenis harta, dan tanpa ada batas minimal harga harus dilaporkan.

"Pada prinsipnya semua jenis harta dilaporkan di SPT. Tidak ada batas minimal harga," tegas Neilmaldrin.

Lalu apa saja barang-barang yang harus dilaporkan juga dalam SPT tahunan? Klik halaman selanjutnya.

Simak Video: Cara Lapor SPT Tahunan Pajak dengan e-Filing

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2