Sulit Unggah Foto KTP saat Daftar Kartu Prakerja, Ini Solusinya

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 24 Feb 2021 10:01 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)

Menurut Louisa, penerimaan peserta Kartu Prakerja tidak dinilai dari siapa yang terlebih dahulu mendaftarkan diri di websitewww.prakerja.go.id. Oleh karenanya, dia pun mengimbau masyarakat agar tak terburu-buru saat mendaftarkan.

"Perlu kami jelaskan bahwa seleksi Kartu Prakerja tidak berdasarkan siapa yang lebih dahulu mendaftar. Proses randomisasi baru dilakukan setelah penutupan gelombang," terangnya.

Program Kartu Prakerja gelombang ke-12 resmi dibuka hari ini. Dengan begitu, masyarakat bisa mulai melakukan pendaftaran program Kartu Prakerja ini melalui website www.prakerja.go.id.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, maka program Kartu Prakerja tahun 2021 ataupun gelombang ke-12 ini saya nyatakan dibuka," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pPers.

Program Kartu Prakerja gelombang ke-12 pada semester I-2021 ini akan tetap menggunakan metode semi bansos dengan besaran bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta ditambah insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu tiap bulannya selama 4 bulan dengan total insentif pasca pelatihan sebesar Rp 2,4 juta, dan insentif survei Rp 50 ribu tiap satu kali survey sebanyak 3 kali survey dengan total insentif survei sebesar Rp 150 ribu.

Adapun kuota yang dibuka adalah sebanyak 600.000 peserta dengan target penerima 2,7 juta penerimaan hingga semester I-2021. Persyaratan untuk mengikuti program ini adalah WNI, berusia 18 tahun ke atas, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Halaman

(hek/ara)