Kemenkeu Ungkap RI Bisa Akhiri COVID-19 Lebih Cepat, Ini Strateginya

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 24 Feb 2021 12:22 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia bisa selesai lebih cepat jika pemerintah terus menangani melalui kebijakan-kebijakan yang saat ini sudah disiapkan.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan ada beberapa langkah yang bisa mengakhiri penyebaran pandemi COVID-19 yang terjadi di Tanah Air. Hal tersebut terlihat dari jumlah penambahan kasus harian yang trennya sudah menurun.

"Ini situasi yang sangat baik dan momentum ini yang kita jaga dan kita teruskan bahwa COVID tidak selamanya, akan berakhir," kata Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Hidayat Amir dalam webinar Infobank tentang 'Harmonisasi Kebijakan Moneter dan Fiskal', Rabu (24/2/2021).

Hidayat mengatakan beberapa cara yang bisa mengakhiri pandemi COVID-19 antara lain pelaksanaan vaksinasi, disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun (3M), dan melakukan 3T dalam hal ini testing, tracing, dan treatment.

"Nah kalau ini berjalan, wabah ini akan lebih cepat terkendali," ujarnya.

Dia mengungkapkan Indonesia menjadi negara berkembang yang sudah berhasil melaksanakan pengadaan vaksin COVID-19. Bahkan, pemerintah Indonesia sudah melaksanakan proses vaksinasi.

"Jadi kalau dilakukan, wabah akan terkendali lebih cepat, confidence untuk melakukan aktivitas, ini menjadi faktor penting yang harus dilanjutkan," ungkapnya.

(hek/ara)