Wow! Apple Borong 100 Perusahaan Dalam 6 Tahun

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 24 Feb 2021 14:46 WIB
BEIJING, CHINA - JANUARY 07:  Customers look at iPhones on display at an Apple Store on January 7, 2019 in Beijing, China. Apple Inc. lowered its revenue guidance last week, blaming Chinas slowing economy and weaker than expected iPhone sales, as the companys chief executive officer Tim Cook said in a letter to investors the sales problems were primarily in its Greater China region that accounts for almost 20 percent of its revenue and includes Hong Kong and Taiwan. (Photo by Kevin Frayer/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Pimpinan Apple, Tim Cook menyatakan Apple telah mengakuisisi 100 perusahaan selama enam tahun terakhir. Cook mengungkapkan, satu perusahaan dibeli Apple setiap tiga hingga empat minggu.

Dikutip dari BBC, Rabu (24/2/2021) laporan itu disampaikan oleh Cook pada rapat pemegang saham tahunan Apple pada Selasa kemarin. Cook mengatakan bahwa akuisisi sebagian besar ditujukan untuk memperoleh dan memperluas teknologi dan kemampuan perusahaan.

Akuisisi terbesar Apple dalam dekade terakhir adalah pembelian Beats Electronics senilai US$ 3 miliar, bisnis dari pembuat headphone yang didirikan oleh rapper dan produser Dr Dre. Pembelian profil tinggi lainnya adalah perusahaan perangkat lunak pengenalan musik Shazam, seharga US$ 400 juta pada tahun 2018.

Seringkali, Apple membeli perusahaan teknologi yang lebih kecil dan kemudian memasukkan inovasi mereka ke dalam produknya sendiri. Salah satunya PrimeSense, sebuah perusahaan penginderaan 3D Israel yang teknologinya berkontribusi pada FaceID Apple.

Tahun lalu, Apple telah membeli beberapa perusahaan kecerdasan buatan (AI), bisnis acara realitas virtual, startup pembayaran, dan bisnis podcast, antara lain.

Apple membeli Drive.ai, sebuah perusahaan antar jemput tanpa pengemudi, dalam upaya untuk mengembangkan teknologi self-driving pada 2019. Pada 2016, perusahaan juga mengambil US$ 1 miliar saham di layanan pemesanan kendaraan Cina Didi Chuxing.

Apple adalah raksasa yang sangat menguntungkan dengan nilai lebih dari US$ 2 triliun, jadi Apple memiliki banyak uang untuk melakukan akuisisi. Tetapi meski telah membeli 100 perusahaan dalam enam tahun, Apple tampaknya sangat selektif jika akan mengakuisisi perusahaan.

Misalnya, pendiri Tesla, Elon Musk baru-baru ini mengungkapkan dia pernah mendekati Cook untuk membeli bisnis mobil listriknya ketika bisnis tersebut bermasalah pada tahun 2013. Namun, usaha Musk sia-sia.

Dalam rapat itu juga Apple melaporkan pendapatan untuk kuartal I-2021 sebesar US$ 111,4 miliar. Angka itu menjadi pendapatan kuartalan terbesar Apple.

Saksikan juga 'Apple Jadi Pesaing Terbesar Facebook, Kenapa?':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)