Disebut Terhambat Sertifikat, Berapa Banyak RI Ekspor Pisang?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 24 Feb 2021 16:32 WIB
Pisang Pernah Jadi Pemicu Konflik hingga Simbol Rasisme
Foto: Getty Images/iStockphoto/pressdigital
Jakarta -

Ekspor pisang sedang menjadi sorotan, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan ekspor terhambat puluhan sertifikasi menuju Amerika Serikat dan Eropa. Disebut terhambat puluhan sertifikasi, seperti apa kinerja ekspor pisang lokal ke luar negeri?

Ketua Umum Asosiasi Eksportir Sayuran dan Buah Indonesia (Aesbi) Hasan Johnny mengatakan hingga kini ekspor pisang ke luar negeri hingga kini hanya didominasi satu perusahaan saja. Perusahaan itu mengekspor pisang dalam jumlah banyak dan secara terus menerus.

Hasan mengatakan sisanya banyak ekspor-ekspor berskala kecil yang dilakukan dan sifatnya tidak terus menerus.

"Kita ekspor udah bisa, sementara ini baru ada Great Giant Pineapple yang besar dan terus menerus. Hanya satu itu aja yang bisa terus menerus, bisa ada kontinuitasnya," kata Hasan kepada detikcom, Rabu (24/2/2021).

Soal volume ekspor pisang, Hasan mengaku tidak terlalu hapal besarannya. Yang jelas pisang dari perusahaan tersebut sudah tersebar ke berbagai negara, China dan Jepang menjadi beberapa di antaranya.

"Dia udah kemana-mana, terakhir katanya baru masuk ke Jepang juga. Dia juga ke China, banyak negaranya saya kurang hapal. Volumenya kurang paham saya belum lihat datanya, nanti malah salah," ungkap Hasan.

Hasan mengatakan, sebetulnya Eropa dan Amerika Serikat pun memang bukan pasar utama ekspor buah. Dia mengatakan cukup sulit mengirimkan buah ke sana karena jarak yang terlalu jauh.

"Kalau Eropa dan AS terlalu jauh juga ini barang kita bakal sulit juga dikirim ke sana," kata Hasan.

Berapa banyak Indonesia ekspor pisang? klik halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Menteri KP Trenggono: Ekspor Benih Lobster Masih Disetop

[Gambas:Video 20detik]