Aplikasi Menghilang di Playstore, Pendiri VTube Sebar Pesan Ini

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 24 Feb 2021 17:35 WIB
vtube
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Aplikasi fenomenal VTube tiba-tiba menghilang dari Playstore. Jack Goay yang disebut-sebut menjadi Founder dari developer VTube, Future View Tech kabarnya menyebar pesan ke seluruh pengguna.

"Aplikasi VTube akan menjalani maintenance sistem mulai tanggal 17 Februari 2021 sampai awal Maret 2021. VTube dan Exchange Counter akan offline sementara dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan seluruh regulator untuk proses legalisasi dan menyambut VTube 3.0 yang 100% legal," tulis pengumuman resmi VTube.

Menurut salah satu pengguna aktif, saat ini pihak VTube memang tengah menutup akses aplikasinya. Sebab sedang dilakukan perbaikan aplikasi dan akan meluncurkan versi terbarunya.

"Memang benar sementara di-lock dari pihak VTube agar tidak di download. Karena saat launching VTube 3.0 semua member harus verifikasi ulang untuk me-refresh para member-member bodong," terang VTuber yang namanya tidak mau disebutkan itu.

Oleh karena itu dia yakin betul aplikasi VTube yang hilang dari Playstore hanya sementara. Beredar juga pengumuman yang diklaim resmi dari VTube.

Dalam pengumuman itu disebutkan bahwa VTube mengalami maintenance sistem mulai 17 Februari hingga awal Maret 2021.

Bukan hanya tak bisa di-download, aplikasi VTube yang sudah terinstal di HP masih bisa dibuka, namun pengguna tidak bisa menjalankan misi.

Vtube merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Future View Tech sebuah perusahaan yang bergerak di bidang periklanan. Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing pun menegaskan bahwa Vtube masih masuk dalam daftar ilegal hingga saat ini, alias tidak resmi.

"Vtube masih masuk dalam daftar investasi ilegal," kata Tongam saat dihubungi detikcom, 26 Januari 2021.

Namun berdasarkan informasi yang disampaikan ke pihak Satgas soal Vtube resmi atau ilegal, saat ini Vtube telah melakukan pengurusan izin.

"Vtube telah melakukan pengurusan izin sehubungan dengan kegiatannya," ujar dia.

Tonton juga Video: Awas! Beredar Aplikasi Clubhouse Palsu di Android

[Gambas:Video 20detik]



(das/ang)