3 Situs Bodong Kartu Prakerja Gelombang 12, Jangan Sampai Tertipu!

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 06:30 WIB
Kartu Prakerja
Foto: Kartu Prakerja (M Fakhri Aprizal/Tim Infografis)
Jakarta -

Situs-situs palsu pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 masih beredar. Banyak cara yang digunakan sang pembuat situs untuk menyebarkan alat situs palsunya agar dikunjungi orang, terutama melalui pesan berantai di WhatsApp.

Berikut daftarnya:

1. kartu-prakerja.com

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 sudah dibuka sejak kemarin, Selasa (23/2). Pendaftaran dibuka sampai Jumat, (26/2) mendatang untuk 600.000 orang.

Bersamaan dengan dibukanya pendaftaran gelombang ke-12, banyak situs-situs bodong pendaftaran Kartu Prakerja yang bermunculan. Padahal, situs resmi Kartu Prakerja hanya satu yakni www.prakerja.go.id.

Adapun alamat situs-situs bodong Prakerja yang pertama kali muncul ketika pendaftaran ke-12 dibuka ialah kartu-prakerja.com. Alamat situs itu beredar di media sosial Twitter. Situs tersebut sudah dapat dipastikan palsu karena menggunakan domain .com, bukan .go.id.

Hingga saat ini, situs tersebut masih dapat diakses. Halaman depan situs tersebut menggunakan gambar rancangan yang sama dengan situs resmi. Kemudian, ada fitur penghitung aktif yang menunjukkan lebih dari 110.000 orang sudah mendaftar.

Situs tersebut mengharuskan pengunjung mengisi nama dan nomor ponsel untuk mendaftar. Kemudian, pendaftar diminta menyebarkan informasi pendaftaran di situs palsu tersebut melalui WhatsApp kepada minimal 5 grup atau 20 teman.

Sementara itu, situs resmi www.prakerja.go.id hanya meminta alamat email untuk pendaftar baru, dan mengharuskannya membuat kata sandi.

2. dashboard.prakerja12.info/

Selain situs palsu di atas, ada juga pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang mengajak masyarakat mendaftar Kartu Prakerja di situs palsu seperti https://dashboard.prakerja12.info/ dan https://dashboard.prakerja12.xyz/.

Pada 18 Januari 2021 lalu, akun Instagram resmi Kartu Prakerja yakni@prakerja.go.id juga sudah mengimbau masyarakat agar tidak terkecoh dengan situs-situs palsu.Para calon pendaftar Kartu Prakerja gelombang 12 diminta untuk tidak memberikan data pribadi, seperti NIK, KK, nomor HP, alamat email atau data lainnya pada pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. prakerja.vip

Pada Oktober 2020 lalu juga pernah beredar informasi melalui pesan berantai di WhatsApp yang berisi ajakan melakukan pendaftaran Kartu Prakerja melalui situs palsu prakerja.vip.

Perlu diingat kembali, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 hanya dapat dilakukan melalui situs www.prakerja.go.id.

Simak Video: Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini

[Gambas:Video 20detik]



(vdl/zlf)