Kisah Petani Milenial Bangun Usaha dari Nol Beromzet Ratusan Juta

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 10:35 WIB
Petani Muda di Bandung Beromzet Puluhan Juta dari Jual Sayuran
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Petani mungkin bukanlah profesi yang diidam-idamkan oleh para milenial. Namun, Dede Koswara membuktikan petani milenial juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Dari bertani, ia bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 50 juta hingga Rp 100 juta. Dari situ, ia pun kini memiliki rumah seharga Rp 2,5 miliar dan kendaraan mewah dari kerjanya sebagai petani labu siam.

Pria 31 tahun itu mendulang indahnya kehidupan sejahtera dari hasil bertani selama lebih dari 10 tahun. Sejak lulus Sekolah Teknik Mesin (STM), Dede mantap memilih jalan hidup sebagai petani. Berbekal lahan 100 tumbak (setara 1.400 meter) yang diberikan orang tua, ia menghasilkan pundi-pundi dengan menanam sayur-sayuran.

Diakui Dede, keberhasilannya menjadi petani milenial melalui proses panjang. Agar bisa berkembang, ia mempelajari seluk beluk pertanian hingga distribusinya ke pasar, sehingga mendapatkan harga beli yang cukup tinggi.

Ayah dua orang anak ini menegaskan sekalipun mendapatkan bantuan dari orang tua berupa lahan, bukan berarti mudah untuk memperoleh kesuksesan. Dede berjuang keras menggarap lahan untuk mendapatkan hasil panen berkualitas baik yang dibantu dua pegawainya. Ia juga berkonsultasi dengan orang-orang dari perusahaan pupuk untuk mempelajari komposisi dan cara penggunaan pupuk yang tepat untuk setiap komoditas.

Ia juga memasarkannya sendiri ke pasar-pasar di Tangerang, Cibitung, Cirebon, dan wilayah lainnya dengan mengendarai mobil pikap seorang diri. Dede sebagai petani milenial membangun koneksinya dengan para pelaku pertanian dan perdagangan dengan mengikuti seminar, pertemuan, dan bergabung di grup Facebook.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Tonton Video: Agrowisata Lembah Hijau Sukoharjo, Berwisata Menjadi Peternak Dan Petani Sayur Organik

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2

Tag Terpopuler