Mau Buka Lapangan Kerja, Jokowi Butuh Bantuan Pengusaha

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 14:00 WIB
Baju Imlek Jokowi 2021 Karya Anne Avantie
Foto: dok. Anne Avantie
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan beberapa upaya yang sudah dilakukan pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Beberapa di antaranya melalui program padat karya dan belanja pemerintah.

"Melalui pogram padat karya dan belanja pemerintah lainnya, penciptaan lapangan kerja bisa diciptakan dalam jangka yang pendek," kata Jokowi dalam Economic Outlook CNBC Indonesia TV, Kamis (25/2/2021).

Program-program tersebut hanya dapat menciptakan pekerjaan dalam jangka pendek. Jokowi mengatakan dibutuhkan peran pengusaha untuk melahirkan lapangan kerja yang berkelanjutan.

"Penciptaan dan perluasan lapangan kerja secara berkelanjutan adalah dari para pelaku usaha di sektor swasta," sebutnya.

Dunia usaha, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu dapat memperluas penciptaan lapangan pekerjaan dengan menghidupkan kembali usahanya, maupun merintis pembukaan usaha-usaha baru.

"Baik itu dengan dana sendiri, pendanaan dari lembaga keuangan bank dan non bank, maupun mengundang investor, mengundang investasi dari luar negeri," tambahnya.

Simak juga video 'Pulihkan Ekonomi, Jokowi: Beri Perhatian Khusus Pembukaan Lapangan Kerja':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/zlf)