Erick Thohir bakal Serahkan Laporan Keuangan BUMN ke Jokowi Bulan Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 02 Mar 2021 11:35 WIB
Menteri BUMN RI Erick Thohir dan Komisi VI DPR menggelar rapat kerja membahas pelaksanaan pembelian Vaksin COVID-19.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pemerintah berupaya mendorong transparansi di BUMN. Salah satu cara yang ditempuh ialah menyerahkan laporan keuangan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, laporan keuangan ini akan diserahkan bulan ini untuk pertama kalinya secara tuntas.

"Kami juga terus memperbaiki proses daripada pelaporan secara transparan. Insya Allah bulan ini pertama kali secara tuntas, laporan keuangan perusahaan BUMN itu terdata secara transparan dan akan diserahkan kepada Kementerian Keuangan dan Bapak Presiden langsung di tahun ini," katanya sambutan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Upaya Pemberantasan Korupsi antara KPK dan BUMN, Selasa (2/3/2021).

Dengan demikian, Erick mengatakan, Jokowi dan Sri Mulyani bisa melihat beban utang dan rencana kebutuhan dana BUMN.

"Jadi Menteri Keuangan dan Bapak Presiden bisa melihat secara langsung berapa beban utang perusahaan BUMN secara transparan, ataupun keperluan pendanaan untuk melakukan kegiatan-kegiatan apakah itu penugasan ataupun aksi korporasi," terangnya.

Erick menekankan, hal ini sebagai bentuk transformasi di perusahaan pelat merah.

"Hal ini tidak lain kita lakukan karena itu memang bagian transformasi yang pernah kita sepakati bersama-sama apalagi hari ini didukung oleh pihak KPK," ujarnya.

Lihat juga Video: Erick Thohir Minta 3 BUMN Bikin Baterai Mobil Listrik tahun 2023

[Gambas:Video 20detik]



(acd/zlf)