8 Manfaat Emas, Mulai dari Investasi hingga Kecantikan

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 02 Mar 2021 15:57 WIB
Karyawan menunjukan emas batangan di Butik Emas Antam, Kebon Sirih, Jakarta, Senin (18/1/2021). Harga emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk pada Senin (18/1) berada pada posisi Rp 944.000 per gram atau turun Rp4.000 dari perdagangan akhir pekan lalu. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA/8 Manfaat Emas, Mulai dari Investasi hingga Kecantikan
Jakarta -

Emas adalah logam mulia yang memiliki nilai tinggi dan sangat berharga. Tak hanya itu, emas diminati banyak orang karena memiliki manfaat yang beragam.

Selain dijadikan perhiasan, dekorasi, koleksi, alat pembayaran, dan barang investasi, emas juga dapat digunakan untuk kesehatan serta kecantikan. Bahkan, emas juga dapat diolah menjadi barang industri.

Dalam hal kecantikan, emas dipercaya mampu membuat awet muda dan tetap terlihat cantik. Perawatan kulit dengan memakai emas ini ternyata sudah ada sejak zaman dahulu.

Konon, Cleopatra, Ratu Mesir yang sangat cantik, menggunakan emas sebagai perawatan utama. Sementara, emas juga bisa dimanfaatkan untuk bidang industri setelah adanya perkembangan teknologi.

Emas memiliki karakteristik khusus dari kilauan, serta sifat-sifat yaitu mudah dibentuk dan tidak mudah cacat. Biasanya, emas dicampur dengan logam lain saat diolah, sebelum akhirnya menjadi lembaran, batang, koin, kabel, serat, dan lainnya.

Melansir dari sejumlah sumber, berikut beberapa manfaat emas:

1. Manfaat Emas dalam Bidang Ekonomi

Pertama, emas sangat bermanfaat dalam bidang ekonomi karena menjadi salah satu komoditi yang bernilai jual tinggi. Dapat dilihat dari kegunaan emas sebagai pengganti uang untuk bertransaksi sejak zaman dulu kala.

Tak hanya itu, emas bisa digunakan sebagai cadangan devisa suatu negara karena nilai jualnya tinggi. Hal ini disebabkan karena emas bersifat convertible, atau semua negara dapat menerima emas sebagai alat pembayaran
internasional yang sah.

Bentuk emas yang dapat diterima yaitu emas batangan. Emas juga dapat diperjualbelikan dalam bentuk fisik dan non-fisik, seperti bentuk saham di bursa perdagangan.

2. Manfaat Emas dalam Bidang Agama

Dalam beberapa agama, emas dianggap suci dan melambangkan keagungan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai benda keagamaan yang terbuat dari emas.

Contohnya, di Vihara Wat Pho, Bangkok, ada patung Buddha dari emas yang diberi nama Reclining Buddha. Agama Islam dan Kristen juga menggunakan emas untuk menghiasi tempat ibadah mereka. Seperti Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei yang berkubah emas, dan gereja La Compania di Roma dengan arsitektur berlapis emas.

3. Manfaat Emas dalam Bidang Sosial

Dalam bidang sosial yang berkaitan dengan masyarakat, emas identik dengan lambang kekayaan. Maka, tak heran banyak orang yang bangga memamerkan emas sebagai perhiasan atau koleksi mereka.

Ini juga berlaku bagi mereka yang tidak memamerkan emas di depan umum. Mereka yang menyimpan emas sebagai investasi baik dalam bentuk batang atau koin akan dianggap orang berada. Secara tak sadar, mereka mempunyai kedudukan sosial yang lebih tinggi di masyarakat.

Manfaat emas berikut ini dapat dibaca pada halaman selanjutnya

Tonton juga Video: Susuk Emas Masih Ngetren, 'Nanogold' Terus Diteliti

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2