6 Tips Menabung untuk Kamu yang Boros

Anastasia Anjani - detikFinance
Rabu, 17 Feb 2021 20:52 WIB
ilustrasi menabung
Foto: Getty Images/iStockphoto/RomoloTavani/6 Tips Menabung untuk Kamu yang Boros
Jakarta -

Menabung adalah soal kebiasaan. Jika tidak dibiasakan dari kecil untuk menabung tentu akan kesulitan melakukannya.

Dalam menabung hal yang tersulit dilakukan adalah memulainya. Tetapi detikers jangan khawatir, berikut adalah 6 tips menabung untuk pemula yang mudah dilakukan untuk kebutuhan jangka pendek hingga jangka panjang.

Berikut 6 Tips Menabung untuk Kamu yang Boros dirangkum dari Better Money Habits:

1. Catat Pengeluaran

Tips menabung pertama yang harus dilakukan adalah mencatat pengeluaran. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa banyak uang yang dikeluarkan dalam satu periode waktu.

Ketika sudah mencatat pengeluaran, mulai atur pengaturan dengan mengelompokkannya, seperti kebutuhan rumah tangga hingga cicilan.

2. Sisihkan Anggaran untuk Menabung

Setelah berhasil mencatat pengeluaran selama satu bulan, detikers bisa mulai mengatur pengeluaran yang tercatat dan bisa menyisihkan uang untuk menabung.

Anggaran tabungan harus disesuaikan dengan pengeluaran dan pendapatan. Sehingga detikers dapat merencanakan dan membatasi pengeluaran.

3. Cari Cara untuk Menghemat Pengeluaran

Tips menabung berikutnya yakni cari cara untuk menghemat pengeluaran. Jika merasa pengeluaran terlalu tinggi dan tidak cukup untuk menabung, mungkin inilah saatnya untuk mengurangi pengeluaran.

Identifikasikanlah hal-hal yang tidak penting yang seharusnya dapat dihemat, seperti uang untuk hiburan dan makan di restoran.

Carilah cara untuk menghemat pengeluaran tiap bulan agar tetap bisa menabung.

4. Menjauhi Kebiasaan Buruk

Kurangi membuka e-commerce di waktu luang. Hal ini dilakukan untuk menghindari perilaku konsumtif dan tetap membelanjakan uang sesuai kebutuhan.

Fokuskan pengeluaran pada kebutuhan bukan sesuatu yang diinginkan. Kurangi juga membeli sesuatu karena pengaruh influencer/ brand ambassador.

Berkomitmenlah pada diri sendiri untuk menjauhi kebiasaan buruk tersebut.

5. Menetapkan Tujuan untuk Menabung

Tips menabung yang paling tepat adalah menentukan tujuan dari menabung itu sendiri. Mulailah berpikir alasan menabung, tujuannya mungkin bisa untuk bervakansi, menikah, ataupun untuk dana pensiun.

Setelah itu, cari tahu berapa banyak uang yang diperlukan dan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menabung.

6. Menentukan Prioritas

Setelah mengetahui pengeluaran dan pemasukan, tujuan selanjutnya adalah menentukan dampak yang besar dari mengalokasikan tabungan.

Pastikan selalu mengingat tujuan jangka panjang seperti menganggarkan dana untuk pensiun namun tidak mengurangi kebutuhan jangka pendek.

Demikianlah rangkuman tips menabung yang bisa detikers lakukan dengan mudah. Semoga kamu langsung bisa menabung ya!

(nwy/nwy)