JungleLand Tutup Imbas Corona, Karyawan Koar-koar Tuntut Gaji

M Sholihin - detikFinance
Selasa, 02 Mar 2021 17:34 WIB
Kondisi terkini JungleLand
Foto: M Sholihin/detikcom
Bogor -

Lokasi wisata JungleLand yang berada di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor sudah sejak setahun lalu tak beroperasi. Penutupan dilakukan sejak pandemi COVID-19 mulai terjadi di Indonesia dan keluar larangan berkerumun dan pembatasan jam operasional pada Februari 2020 lalu.

Pengamatan detikcom di lokasi wisata JungleLand yang berada di kawasan Sentul Kabupaten Bogor, saat ini tidak aktivitas apapun di lokasi wisata yang memiliki beragam wahanan hiburan petualangan itu.

Dari depan halaman parkir, nampak beberapa orang yang disebut warga sebagai security yang setiap hari bertugas menjaga agar tidak ada orang yang masuk ke dalam areal wisata di JungleLand.

Di area lokasi wisata JungleLand, nampak tali pembatas area di bentangkan dari sisi kanan hingga ke sisi kiri lorong yang jadi akses utama pengunjung, menuju loket masuk wisata JungleLand.

Beberapa bangunan nampak kotor tak terurus. Rerumputan juga mulai tumbuh di depan akses utama menuju wahana di jungle land. Beberapa fasilitas milik jungle land seperti mini car juga nampak teronggok di sisi depan jungle land.

Lokasi wisata jungle land yang biasanya ramai pengunjung dari berbagai kota kini sepi tak berpenghuni. Tak ada lagi keriuhan pengunjung yang mengantri di loket pembelian tiket.

"Sudah tutup Pak, nggak pernah buka selama ada corona. Terakhir buka itu 20 Februari 2020, dari itu operasionalnya ditutup," kata seorang pria yang ditemui di area JungleLand, Selasa (2/3/2021).

Area parkir yang biasa dipenuhi kendaraan, kini tampak kosong. Sejak jungle land tutup tahun lalu, area parkir pengunjung tersebut kerao digunakan warga untuk bermain dan berolah raga.

"Sekarang sepi, mas. Biasanya banyak yang parkir, sekarang kosong terus. Paling yang datang kesini ya warga sini yang olah raga, yang main sepeda, yang belajar nyetir, mainnya disini di parkiran," kata Rusmiyati, pedagang rokok dan minuman di area parkir jungle land.

"Setiap hari saya masih dagang, tapi yang beli sepi, dapet 50 ribu sehari saja sudah Alhamdulillah. Yang beli juga bukan pengunjung, kan sudah tutup jungle land-nya," tambah Rusmiati yang sudah berdagang sejak jungleLand dibangun.

Belakangan ramai beredar kabar foto aksi karyawan JungleLand yang melakukan demo karena gaji mereka diduga belum dibayar oleh pihak JungleLand. Dari foto yang dilihat detikcom, nampak spanduk dengan tulisan "Bayarkan gaji kami" dan spanduk lain bertuliskan "Satu tahun tanpa kepastian" dengan tanda hestek 'savekaryawanjungleland'.

detikcom mencoba mengonfirnasi pihak JungleLand melalui telepon. Namun hingga Selasa (2/3/2021) belum mendapat jawaban.

Namun demikian, aksi beberapa orang diduga karyawan JungleLand dibenarkan warga sekitar. Menurut warga, aksi mereka dilakukan di depan akses utama di area pengunjung JungleLand dan memasang spanduk di ikon milik jungleLand. Spanduk tersebut bertuliskan tuntutan mereka agar gaji mereka dibayar.

"Iya kemarin (Senin, 1/3/2021) ada yang demo, biasa itu mah kayaknya karyawan jungle land, belum dibayar kali gajinya. Iya saya lihat kemarin ada spanduk disitu, sekarang sudah ada yang copot itu spanduk," kata Rus, warga sekitar.

Lihat juga video 'Sri Mulyani: UMP 2021 Tak Naik, Agar Perusahaan Tak PHK Karyawan':

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)