3 Kondisi Hotel, Restoran hingga Mal Setahun Corona

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 03 Mar 2021 07:15 WIB
Satu tahun lalu virus COVID-19 terdeteksi di Indonesia. Setahun berlalu, virus itu masih melanda Indonesia.
Foto: dok
Jakarta -

Berbagai sektor ikut terimbas ganasnya pandemi COVID-19 yang kini sudah setahun menginfeksi Indonesia. Beberapa yang paling terdampak di antaranya hotel dan restoran serta mal dan ritel.

Begini kondisi masing-masing sektor tersebut setelah setahun digebuk COVID-19:

1. Hotel dan Restoran Masih Berdarah-darah

Menurut Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran meski kini pemerintah telah memberi pelonggaran dari segi kebijakan, akan tetapi bisnis hotel dan restoran belum menunjukkan pemulihan yang signifikan. Terutama untuk hotel, masih berdarah-darah mencoba bertahan agar tak gulung tikar permanen.

"Belum ada pemulihan, status kita sekarang bukan pemulihan tapi masih dalam status kita berusaha untuk bertahan, karena selama 12 bulan yang kita perhatikan sejak pandemi tahun lalu, itu kondisi okupansi itu ada perbaikan tapi jauh dari rata-rata, ditambah lagi nilai jual juga turun," ujar Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran kepada detikcom, Selasa (2/3/2021).

Rata-rata okupansi hotel dan restoran hingga tutup tahun 2020, katanya, hanya mentok di rata-rata 34%. Okupansi seminim itu masih tercatat rugi buat para pelaku hotel dan restoran.

"Berarti masih minus sekitar 20% an, untuk bertahan kita melakukan berbagai efisiensi, mulai dari sisi tenaga kerja maupun cost lain seperti listrik dan lain-lain," terangnya.

Untuk berharap pulih di tahun 2021 ini pun masih agak sulit menurutnya. Hal serupa disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) sekaligus Founder De Solo Boutique Hotel and Restaurant, Sudrajat.

"Sampai saat ini belum ada geliat yang berarti, memang ada yang sedikit naik khususnya di restoran-restoran, tetapi ya hanya 10% an, tetapi itu yang selama ini masih buka, yang tutup itu kan masih banyak jumlahnya jauh lebih besar," ungkapnya.

Simak juga video 'Kilas Balik Setahun Covid-19 di Tanah Air':

[Gambas:Video 20detik]



Lanjut halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2