Sandi Uno Punya Kunci biar UMKM Mendunia, Apa Ayo?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 03 Mar 2021 10:39 WIB
Sandiaga Salahudin Uno atau sering dipanggil Sandi Uno adalah pengusaha asal Indonesia. Sering hadir di acara seminarseminar, Sandi Uno yang berdarah Gorontalo ini kerap memberikan pembekalan tentang jiwa kewirausahaan, utamanya pada pemuda.
Foto: Istimewa
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan kunci utama produk UMKM lokal bisa mendunia. Menurut Sandiaga, kunci utamanya adalah digitalisasi.

Di Nusa Tenggara Barat misalnya, saat ini menurutnya produk ekonomi kreatif di sana sedang didorong untuk masuk ke pasar digital. Terlebih lagi ada dua daya tarik pariwisata, yaitu Mandalika dan Lombok.

"Kita di pariwisata bukan hanya melihat Mandalika dan Lombok sebagai satu destinasi pariwisata prioritas saja, tapi juga bagaimana kita mau membangkitkan dan memberikan harapan bahwa produk kreatif dari NTB dari Lombok bisa mendunia. Menurut saya kuncinya on boarding digitalisasi," ungkap Sandiaga dalam Pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021 yang ditayangkan melalui YouTube, Rabu (3/3/2021).

Di sisi lain, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan dengan melakukan digitalisasi, para pegiat UMKM akan menemukan pasar yang lebih besar. Dengan pasar yang besar itu diharapkan, transaksi UMKM makin meningkat.

Dengan proses digitalisasi ini juga menurut Teten dapat mengubah pandangan bahwa Indonesia adalah negara yang tradisional, namun kini bertransformasi menjadi negara yang modern.

"Produk apapun, dari pelosok desa manapun, dengan digitalisasi bisa terhubung ke seluruh dunia dan terbuka untuk market yang besar," kata Teten.

"Maka new branding yang selama ini Indonesia dianggap negara agraris dan selalu ditampilkan suku-suku dan simbol tradisional, sekarang kita mesti melahirkan simbol Indonesia modern," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada jajaran pemerintah daerah untuk membantu pegiat UMKM untuk masuk ke ekosistem digital. Luhut menilai ekosistem digital akan membuat kinerja usaha UMKM makin efisien.

"Saya berpesan ke Gubernur, Bupati, hingga Walikota di bawah koordinasi Kemendagri, beserta BI dan perwakilan daerah mari semua kita kerja keras untuk dorong UMKM artisan Indonesia terdaftar di eksositem digital dan transaksinya meningkat dengan masuk on boarding," jelas Luhut.

"Saya kira kita akan masuk era digitalisasi membuat kita lebih efisien , yang membuat kita lebih bagus lagi ke depan," tambahnya.

Lihat juga Video "Jokowi: Pelatihan Teknologi Digital Untuk UMKM Harus Diperbanyak":

[Gambas:Video 20detik]



(hal/zlf)