Deretan Kasus Suap Pegawai Pajak, Gayus Paling Fenomenal

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 03 Mar 2021 11:29 WIB
gayus tambunan lagi
Foto: ari saputra
Jakarta -

Nama besar Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kembali tercoreng. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut dugaan kasus suap puluhan miliar yang melibatkan pejabat di lingkungan otoritas pajak nasional ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun langsung bergegas untuk melakukan konferensi pers terkait dugaan kasus suap puluhan miliar itu. Dia akan menjelaskan kepada publik pada pukul 13.00 WIB, siang hari ini (3/3).

Dugaan kasus suap ini bukan yang pertama kali terjadi, namun munculnya dugaan kasus ini menjadi pertanyaan besar, apalagi Sri Mulyani sangat mengawal transformasi DJP sebagai instansi yang bersih atau jauh dari tindak suap hingga korupsi.

Berdasarkan catatan detikcom, Rabu (3/3/2021), banyak pejabat di lingkungan DJP yang kena operasi tangkap tangan (OTT) lantaran dugaan kasus suap dan korupsi. Berikut beberapa kasus yang dilakukan PNS Ditjen Pajak:

Contohnya Tommy Hindratno. Ia kena OTT KPK saat menangani kasus pajak PT Bhakti Investama Tbk pada 2013 silam. Awalnya, Tommy dihukum 3,5 tahun penjara saja oleh Pengadilan Tipikor Jakarta. Nah, oleh Mahkamah Agung (MA), hukuman itu dilipatgandakan menjadi 10 tahun penjara. Padahal, uang yang diterimanya hanya Rp 280 juta.

Dua pegawai Ditjen Pajak, Eko Darmayanto dan Muhammad Dian Irwan Nuqisra nekat menerima Rp 3 miliar terkait pengurusan pajak PT Delta Internusa, dan sebesar 150 ribu dolar AS untuk pengurusan kasus pajak PT Nusa Raya Cipta (NRC). Keduanya masing-masing divonis 9 tahun penjara.

Handang Soekarno juga kena OTT yang dilakukan KPK. Ia menerima suap dari pengusaha untuk menurunkan nilai pajak. Handan akhirnya dihukum 10 tahun penjara, 5 tahun di bawah tuntutan KPK.

Penyidik Pajak PNS, Pargono Riyadi juga kena OTT KPK. Ia kemudian divonis 4,5 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta. Pargono terbukti memeras wajib pajak dalam pengurusan pajak pribadi Asep Yusuf Hendra Permana.

Kasus suap pegawai pajak paling fenomenal dilakukan oleh Gayus Tambunan. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Tersangka Suap Dana Bansos Habiskan Rp 50 Juta Untuk Karaoke

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2