Amazon Buka Toko Tanpa Kasir di Inggris

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 10:21 WIB
Prancis Kirim Tagihan Pajak dan Retribusi Kepada Facebook dan Amazon
Foto: DW (News)
Jakarta -

Raksasa e-commerce Amazon menghadirkan toko tanpa kasir barunya. Toko fisik itu dinamakan Amazon Fresh yang berlokasi di London Borough of Ealing, Inggris.

Dikutip dari Reuters, Kamis (4/3/2021) pembukaan itu menjadi tanda bahwa toko fisik masih menjadi cara efektif untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang membutuhkan banyak keperluan di masa pandemi COVID-19.

Sebelumnya Amazon telah membuka toko fisik tanpa kasir di AS. Melalui akuisisi Whole Foods Market pada tahun 2017, Amazon berhasil membuka belasan toko tanpa kasir yang dinamakan Amazon Go, dua Amazon Go Grocery di wilayah Sattle, dan 10 supermarket Amazon Fresh di California dan Illinois.

Amazon Fresh sendiri cara kerjanya sama seperti toko tanpa kasir di AS. Pelanggan akan diminta menginstal aplikasi smartphone terlebih dahulu untuk membuka gerbang masuk toko Inggris.

Saat proses membayar, toko menyiapkan rak di mana langit-langitnya dilengkapi dengan kamera sensor yang akan memindai dan menghitung total belanja konsumen. Setelah itu, belanjaan dimasukkan lagi ke troli dan pembayaran dilakukan dengan kartu kredit.

Lokasi Amazon Fresh ini jauh lebih kecil daripada supermarket pada umumnya. Toko itupun menjual makanan siap saji, beberapa bahan makanan, dan perangkat Amazon, serta menawarkan konter untuk mengambil dan mengembalikan pesanan online.

Tonton juga Video: Logo Baru Aplikasi Amazon Dicibir Mirip Kumis Hitler

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)