Di Balik Jokowi Ajak Benci Produk Asing, Ada UMKM yang Lagi Pusing

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 14:25 WIB
profil Jokowi
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggaungkan cinta produk dalam negeri dan membenci produk asing mencuri perhatian banyak orang. Hal itu pun menimbulkan tanda tanya , apa latar belakang ajakan Jokowi soal benci produk asing?

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mengatakan, Indonesia telah meneken sejumlah perjanjian dagang dengan berbagai negara. Sejalan itu penjualan produk lewat digital tengah berkembang.

Hal ini pun menimbulkan konsekuensi di mana Indonesia menjadi tujuan pasar.

"Risiko yang paling besar yang kita hadapi adalah penjualan lewat produk digital itu terlaksana, selanjutnya logika kita adalah tujuan pasar, karena kita 275 juta orang, itu kira-kira potretnya. Jadi makin berkembanglah yang namanya produk-produk bangsa lain di kita," terangnya kepada detikcom, Kamis (4/3/2021).

Menurutnya, itu tidak salah. Dia bilang, yang menjadi masalah adalah masyarakat tidak membeli produk dalam negeri. Ada sejumlah faktor, sebutnya, produk UMKM kualitasnya tidak baik.

"Dan itu tidak salah, persoalannya adalah kenapa kita nggak membeli produk UMKM kita, pertama produk UMKM kita kualitasnya jelek, di bawah," katanya.

Kemudian, gaya hidup di masyarakat bangga akan produk luar.

"Kedua mungkin gaya hidup yang menggunakan branded menjadi kebanggaan dia," ujarnya.

Ia pun menuturkan, mendorong kampanye benci produk asing tak cukup. Dia bilang, mesti ada tokoh-tokoh yang memberi contoh untuk membeli produk dalam negeri.

"Pertanyaannya apa yang harus dilakukan tidak cukup dengan mengimbau atau membenci, tidak cukup, berikan contoh tauladan bahwa ini loh 'Saya presiden saya menggunakan produk Indonesia'," katanya.



Simak Video "Jokowi: Saya Bilang Benci Produk Asing Gitu Aja Rame"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)

Tag Terpopuler