Jokowi: Sekarang Ini Hampir 10 Juta Pengangguran di Negara Kita

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 15:02 WIB
Presiden Jokowi buka-bukaan soal UU Cipta Kerja.
Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk mengejar pertumbuhan ekonomi tahun di angka 5%. Harapannya bisa membantu menyelesaikan masalah pengangguran yang sudah mencapai sekitar 10 juta orang.

Menurut Jokowi kunci dari pemulihan ekonomi Indonesia saat ini adalah investasi. Sebab dia menilai sudah tidak mungkin pemerintah menambah daya dari APBN. Dengan begitu dia yakin bisa menyelesaikan masalah pengangguran Indonesia yang saat ini sudah mencapai 10 juta orang.

"Artinya kuncinya ada di investasi serta menciptakan peluang kerja yang sebanyak-banyaknya. ini yang ditunggu-tunggu masyarakat karena sudah ada sekarang ini hampir 10 juta pengangguran di negara kita, baik karena pandemi dan juga angkatan kerja baru," tuturnya saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

Menurut Jokowi dari sisi perdagangan memang masih patut disyukuri. Neraca perdagangan di 2020 mengalami surplus US$ 21,7 miliar. Namun akibat pandemi ekonomi Indonesia mengalami kemunduran pertumbuhan.

"Kita tahu growth di tahun 2020, pertumbuhan ekonomi kita jatuh di minus 2,19% dan akibat pandemi selama setahun ini kinerja perekonomian kita berada dalam situasi yang tidak mudah, berada dalam situasi yang tidak gampang," ucapnya.

Oleh karena itu Jokowi meminta seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja keras tahun ini. Targetnya mencapai pertumbuhan ekonomi 5%.

"Dalam kaitan ini saya minta kita semuanya sekali lagi bekerja keras dan saya minta agar kebijakan perdagangan memberikan kontribusi besar terhadap agenda strategis pemulihan perekonomian nasional kita. Kita harus bekerja dengan cara-cara baru karena semuanya memang berubah, meninggalkan cara-cara lama," tutur Jokowi.

(das/fdl)