Terpopuler Sepekan

Inspiratif! Petani Muda Beromzet Puluhan Juta dan Rumah Rp 2,5 M

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 06 Mar 2021 11:15 WIB
Dede Koswara seorang petani labu memiliki rumah seharga 2.5 M. Hasil kerja kerasnya kini Dede mampu menghadirkan kehidupan yang layak bagi keluarganya
Foto: agung pambudhy
Jakarta -

Petani biasanya dianggap sebelah mata sebagai pekerjaan. Anak muda sedikit yang melirik pekerjaan ini karena dianggap kotor dan kurang menguntungkan.

Namun berbeda dengan Dede Koswara (31) dia justru melihat petani adalah pekerjaan yang bisa menguntungkan dan dia menjadikan petani sebagai mata pencaharian utama.

Dalam perjalanannya Dede juga kerap kali dipandang kotor karena pekerjaanya sebagai petani. Namun Dede berhasil membuktikan, dia sekarang meraup omzet puluhan juta per hari dan ia bisa mengumpulkan uang untuk membeli rumah seharga Rp 2,5 miliar.

Bagaimana Dede bisa meraih kesuksesannya?

Bos Labu Acar

Dede dikenal sebagai bos labu acar di Desa Cukanggenteng. Ia merupakan pimpinan dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Regge yang membawahi 2100 anggota.

Padahal, Dede adalah lulusan SMK jurusan otomotif. Namun, ia lebih memilih meneruskan usaha dari orang tuanya, yaitu berkebun hingga ke pasar menjual sayuran yang dipanennya. Kini setelah 10 tahun lebih merasakan suka dan duka bergelut di bidang ini, Dede merasakan hasilnya.

"Kebanyakan anak muda (memandang) jadi petani kotor, jadi lihatnya megang cangkul, padahal nggak seperti itu. Saya juga awalnya gengsi, kita ke kebun tuh yang orang lain teman seangkatan biasanya main di Bandung di mal, (kerja) di dealer gitu ya, kelihatannya nyaman, tapi hatinya tetap di bawah telunjuk orang lain," ujarnya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

"Saya kotor dulu, tapi setelah kita merasakan hasilnya jadi pede (percaya diri). Jadi bangga tersendiri ke sayanya punya hasil lebih di orang lain. Buat anak muda ke depannya, jangan malu buat bertani, hasilnya nggak rendah lah, kalau kita hasil bisa lebih banyak," imbuhnya.

Simak juga 'Metamorfosis Eks Bos Disc Tarra, Dari Produser Musik Jadi Petani':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3