4 Jurus Rawat Arwana Super Red Biar Harganya Tembus Ratusan Juta

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 06 Mar 2021 20:37 WIB
Arwana Super Red
Foto: Dok Pribadi/Edy-Komunitas Arowana Iseereds
Jakarta -

Bagi anda yang menekuni Bisnis ikan Arwana Super Red ada baiknya simak tips berikut supaya bisa meraup hasil maksimal. Menurut Pendiri Iseereds (Komunitas Ikan Arowana) Edy, pertama, perawatan Arwana Super Red tergantung dari seberapa proporsional dan berkualitas makanan yang diberikan setiap harinya.

Semakin baik pola makan yang diberikan setiap hari, semakin sehat pula pertumbuhan Arwana Super Red. Ikan ini bisa makan udang, ulat, jangkrik bahkan kecoa.

"Beli Rp 5 ribu saja untuk jangkrik bisa dapat 30-40 ekor. Ikan sekali makan maksimal 5 ekor, bisa 8 kali makan, sebulan paling Rp 15 ribuan," paparnya.

Kedua, kualitas warna Arwana Super Red juga menjadi poin penting untung meraup cuan dari bisnis ini. Semakin merah warnanya, mulus anatominya, semakin mahal harganya.

Untuk bisa mendapatkan warna merah sempurna bisa memakai teknik tanning, yaitu untuk merangsang agar warna Arwana keluar.

"Jadi seperti dijemur di bawah sinar matahari begitu," kata Edy.

Untuk tanning dibutuhkan lampu khusus yang harganya beragam mulai dari Rp 80 ribuan sampai Rp 2 jutaan.

Ketiga, menjaga air tetap bersih, air tidak boleh kurang, suhunya juga terjaga, filter dan gelembung udara akuarium.

Keempat, meluangkan waktu bergabung dalam komunitas pencinta Arwana agar bisa bisa lebih banyak ilmu, misalnya tentang membedakan mana Arwana berkualitas baik, kapan Arwana bisa dijual dengan harga tertinggi dan lain sebagainya.

"Edukasi penting ya, harus proaktif juga bertanya mencari-cari tau ilmunya dan target pasarnya, jadi bisa untung besar," tuturnya.

(hns/hns)

Tag Terpopuler