4 Kiat Rawat Arwana Super Red Biar Cuan Ratusan Juta

Soraya Novika - detikFinance
Minggu, 07 Mar 2021 11:00 WIB
Arwana Super Red
Foto: Dok Pribadi/Edy-Komunitas Arowana Iseereds
Jakarta -

Hobi memelihara ikan ternyata bisa jadi alternatif berinvestasi. Salah satu ikan hias yang bisa jadi pilihan investasi adalah Ikan Arwana jenis Super Red, asli Indonesia.

Dibeli saat masih anak, Anda perlu mengeluarkan modal sekitar Rp 3,5 juta- Rp 7 juta. Akan tetapi, dengan perawatan yang baik, ketika sudah besar bisa dijual lagi dengan harga berkali-kali lipat dari modal awalnya bahkan bisa sampai ratusan juta rupiah per ekornya.

Kok bisa?

Simak kiat-kiat rawat ikan Arwana jenis Super Red di bawah ini:

1. Jaga Pola Makan

Menurut Pendiri Iseereds (Komunitas Ikan Arowana) Edy, pertama, perawatan Arwana Super Red tergantung dari seberapa proporsional dan berkualitas makanan yang diberikan setiap harinya.


Semakin baik pola makan yang diberikan setiap hari, semakin sehat pula pertumbuhan Arwana Super Red. Ikan ini bisa makan udang, ulat, jangkrik bahkan kecoa.

"Beli Rp 5 ribu saja untuk jangkrik bisa dapat 30-40 ekor. Ikan sekali makan maksimal 5 ekor, bisa 8 kali makan, sebulan paling Rp 15 ribuan," paparnya.

2. Lakukan Tanning Pada Ikan

Kualitas warna Arwana Super Red juga menjadi poin penting agar bisa meraup cuan dari bisnis ini. Semakin merah warnanya, mulus anatominya, semakin mahal harganya.

Untuk bisa mendapatkan warna merah sempurna bisa memakai teknik tanning, yaitu untuk merangsang agar warna Arwana keluar.

"Jadi seperti dijemur di bawah sinar matahari begitu," kata Edy.

Untuk tanning dibutuhkan lampu khusus yang harganya beragam mulai dari Rp 80 ribuan sampai Rp 2 jutaan.

3. Menjaga Kualitas Air

Menjaga air tetap bersih, air tidak boleh kurang, suhunya juga terjaga, juga penting untuk tumbuh kembang ikan tersebut. Mendukung hal itu dibutuhkan filter dan gelembung udara akuarium yang juga berkualitas.

4. Edukasi

Meluangkan waktu bergabung dalam komunitas pencinta Arwana agar bisa bisa lebih banyak ilmu, misalnya tentang membedakan mana Arwana berkualitas baik, kapan Arwana bisa dijual dengan harga tertinggi dan lain sebagainya juga penting.

"Edukasi penting ya, harus proaktif juga bertanya mencari-cari tau ilmunya dan target pasarnya, jadi bisa untung besar," tuturnya.

(zlf/zlf)