Di Hari Perempuan Sedunia, Erick Thohir Ungkap Rencananya di BUMN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 08 Mar 2021 13:45 WIB
Menteri BUMN RI Erick Thohir dan Komisi VI DPR menggelar rapat kerja membahas pelaksanaan pembelian Vaksin COVID-19.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Hari Perempuan Sedunia diperingati pada hari ini, Senin (8/3/2021). Di hari yang penting ini, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan target yang ingin dicapai di BUMN.

Lewat video yang diunggah di Instagram, Erick mengatakan ingin meningkatkan keterlibatan generasi muda dan perempuan di perusahaan pelat merah. Khusus perempuan, ia ingin 15% kursi direksi dan komisaris diisi oleh perempuan.

Menurutnya, itu bukan sekadar mendorong. Dia melanjutkan, keterwakilan generasi muda dan perempuan ini bahkan menjadi indikator kinerja direksi.

"Sementara target keterwakilan perempuan adalah 15% di BOC, BOD dan BOD-1 ini bukan sekadar mendorong, bahkan saya menjadikan persentase generasi muda dan perempuan sebagai KPI (key performance indicator) bagi para direksi BUMN dalam menjalankan target ini," ujarnya seperti dikutip detikcom.

Dalam unggahannya tersebut, Erick juga menulis, perempuan memiliki kemampuan yang besar dan bisa diandalkan dalam setiap peran yang diemban.

"Karenanya, saya menargetkan keterwakilan perempuan minimal 15% di tingkat BOC, BOD dan BOD-1 di BUMN. Ini adalah KPI bagi direksi BUMN, sekaligus kesempatan bagi perempuan untuk maju dan memajukan Indonesia," kata Erick.

"Saya percaya, membuka pintu kemajuan, daya, dan peran lebih besar bagi perempuan, akan membuka pintu-pintu kemajuan, daya, dan peran yang fundamental dan lebih besar bagi perusahaan dan bangsa," sambungnya.

(acd/zlf)