Rahasia Mudah Sukses Bisnis dan Kaya dari Crazy Rich Surabaya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 12:31 WIB
Dok Pribadi Hermanto Tanoko
Foto: Dok Pribadi Hermanto Tanoko
Jakarta -

Bos Avian Paint yang juga Crazy Rich Surabaya Hermanto menceritakan bagaimana caranya agar rezeki selalu melimpah. Dia mengungkapkan dalam hidupnya orang yang paling berjasa adalah kedua orang tuanya.

Hermanto menyebut ayahnya adalah orang yang menjadi panutan. "Karena papa saya bekerja dengan semangat, kreativitas dan kerja keras, reputasi dijaga. Ini menurut saya yang patut dijadikan super hero," ujar dia dalam program Ask d'Boss, Rabu (10/3/2021).

Dia mengungkapkan ibunya adalah wanita yang selalu mendampingi ayahnya di saat susah dan senang. Selain itu ibu Hermanto juga sabar, tak pernah berkeluh kesah dan dia merasa beruntung memiliki orang tua yang saling melengkapi dan memberikan banyak pelajaran hidup dalam berkeluarga, kehidupan maupun berbisnis.

Menurut Hermanto dia selalu menyampaikan jika orang tua itu adalah salah satu faktor pendukung kesuksesan seseorang. Tips itu mudah dilakukan. Yaitu berbakti ke orang tua. "Jadi saya selalu ngomong ke banyak orang nih, you kalau mau sukses itu harus perhatikan keluarga dulu, berbakti dan baru sukses di dalam bisnis. Jadi jangan menomorsatukan bisnis, dan you lupa dengan keluarga apalagi orang tua," jelas dia.

Hermanto mengungkapkan dengan menjadi anak berbakti maka rezeki bisa melimpah. Karena doa-doa orang tua itu pasti baik dan bisa mewujudkan mimpi. "Yang penting itu orang tua, keluarga. Otomatis usaha you akan disupport sehingga akhirnya usaha itu akan sukses dan menjadi besar. Jangan dibalik you mementingkan usaha dan keluarga orang tua nanti saja jangan begitu," tambah dia.

Selain itu Hermanto juga menjelaskan sebuah kesuksesan bukan dinilai dari berapa besar atau berapa kaya, seberapa pintar dan seberapa besar kekuasaanya. "Bagi saya kesuksesan sederhana saja, asal you bisa membina keluarga yang bahagia, mandiri dan tidak ketergantungan dan you bisa berbagi, anak sekolah sampai perguruan tinggi, ekonomi sehat dan itu menurut saya sebuah kesuksesan," tambah dia.

Simak juga 'Begini Kalau Pentolan Crazy Rich Surabaya Steven Setiono Kerja':

[Gambas:Video 20detik]



Hermanto mengatakan dalam menjalani usaha harus mengetahui passion atau keinginan dari diri sendiri. Kemudian dari keinginan itu terus diasah sampai menjadi mahir dan ahli. "Kalau you bisa jadi ekspert atau ahlinya maka you akan dibutuhkan banyak orang. Kalau sudah dibutuhkan oleh orang banyak, buka usaha atau jasa apapun bisa menjadi besar dan bisa mendelegasikan atau mendidik banyak orang," jelas dia.

Jika hal ini sudah terjadi maka perusahaan yang didirikan bisa menjadi besar dan tak terbatas.

(kil/zlf)