Buset! Harga Cabai Sempat Rp 150.000, Lebih Mahal dari Daging Sapi

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 18:00 WIB
Harga cabai rawit di berbagai wilayah termasuk Jakarta tengah jadi sorotan. Pasalnya harganya naik salah satunya akibat cuaca buruk yang melanda Tanah Air.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Harga cabai rawit merah belakangan ini terus menanjak drastis. Nggak kira-kira, pekan lalu harganya diketahui mencapai Rp 150.000 per kilogram, lebih mahal dari harga daging sapi seharga Rp 120.000 per kilogram.

Kenaikan itu diungkapkan oleh salah satu pedagang sayur di pasar tradisional, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Meski demikian, harga cabai rawit merah kini turun menjadi Rp 120 ribu per kilogram, namun masih terbilang mahal dari tahun lalu.

"Sekarang saya jual Rp 120 ribu per kilogram. Ini sudah turun, minggu kemarin sempat Rp 150 ribu per kilonya," ujar pedagang sayur bernama Koyah, saat ditemui oleh detikcom di Pasar Minggu, Rabu (10/3/2021).

Koyah menduga kenaikan harga cabai rawit merah ini karena faktor cuaca ekstrem. Dia pun mengeluhkan kenaikan harga, yang menyebabkan dirinya harus mengurangi stok cabai yang akan dijual.

"Ya sekarang saya jadi mengurangi stok. Tadinya beli 10 kilo sekarang jadi beli 5 kilo aja, ini gara-gara cuaca kayanya. Semenjak corona juga," lanjutnya.

Di tempat berbeda, harga cabai rawit merah juga sempat mengalami kenaikan Rp 150 ribu per kilogram. Hal itu dikatakan oleh salah satu pedagang bumbu di Pasar Lenteng Agung, Jakarta Selatan. "Ini sekarang sudah turun jadi Rp 120 ribu per kilogram, sebelumnya sempat Rp 150 ribu," kata pedagang bumbu bernama Hadi.

Tonton juga Video: Harga Cabai Rawit di Pasaran Pedas Banget!

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2