Siapkan Rp 17 Triliun, Apple Mau Bangun 'Silicon Valley' di Jerman

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 22:35 WIB
NEW YORK, NY - JULY 23: The Apple logo hangs in front of an Apple store on July 23, 2013 in New York City. Apple is due to report third-quarter earnings after the markets close Tuesday. Apple, the California based technology company, has watched its stock sink to $427.68 a share from an all-time high of $702 last September. The company is under pressure to release a new blockbuster product.  (Photo by Spencer Platt/Getty Images)
Logo Apple/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Apple akan mendirikan 'Silicon Valley' di Munich, Jerman. Fasilitas yang diberi nama Silicon Design Centre itu menelan investasi US$ 1,2 miliar atau setara Rp 17,2 triliun (kurs Rp 14.369/US$).

Melansir Reuters, Rabu (10/3/2021), investasi pada fasilitas tersebut dilakukan selama tiga tahun ke depan untuk memperluas timnya di sana dan untuk penelitian dan pengembangan.

Munich telah menjadi pusat teknik terbesar Apple di Eropa dengan hampir 1.500 insinyur dari 40 negara yang bekerja di berbagai bidang termasuk desain manajemen daya, prosesor aplikasi, dan teknologi nirkabel.

Fasilitas baru itu akan menjadi rumah bagi unit seluler Apple yang sedang berkembang, dan situs Litbang terbesar di Eropa untuk semikonduktor nirkabel seluler dan perangkat lunak. Tim tersebut juga akan fokus pada 5G dan teknologi nirkabel lainnya.

Ekspansi tersebut menyusul kesepakatan senilai US$ 600 juta yang dibuat oleh Apple dengan desainer chip Inggris-Jerman Dialog Semiconductor pada 2018 untuk membawa tim yang merancang chip daya utama yang digunakan di iPhone dan perangkat lainnya.

(toy/hns)