Saat ATM hingga Bandara di Bali Setop Operasi

Soraya Novika - detikFinance
Minggu, 14 Mar 2021 06:44 WIB
Hari Raya Nyepi 2020 jatuh pada hari ini, umat Hindu menggelar perenungan melalui penyepian. Begini sepinya Bali saat warganya menjalani catur brata atau penyepian.
Suasana nyepi di Bali/Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF
Jakarta -

Selama perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943/2021 Masehi ini layanan publik mulai dari ATM, jalan tol hingga bandar udara (bandara) di Provinsi Bali setop operasi.

Layanan mesin ATM di Provinsi Bali mulai dari penarikan tunai sampai transaksi lainnya tak beroperasional saat perayaan Hari Suci tersebut.

Penonaktifan ATM sendiri sudah dilakukan bertahap kemarin mulai pukul 12.00 WITA. Hari ini dinonaktifkan total.

"Untuk memperingati kesucian Hari Nyepi Tahun Baru Caka 1943 yang jatuh pada 14 Maret mendatang, layanan mesin ATM di Bali memang akan dinonaktifkan," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho dikutip dari Antara.

Operasional ATM akan aktif kembali seperti biasa pada Senin, 15 Maret pukul 07.00 WITA.

"Dengan demikian kegiatan layanan penarikan dan penyetoran kas perbankan, serta kegiatan pertukaran warkat debet baik cek/bilyet giro ditiadakan," tambah dia.

Meski begitu, internet dan mobil banking masih bisa digunakan.

"Internet dan mobile banking berfungsi kalau ada internetnya," jelas Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja.

Jahja mengungkapkan penonaktifan ini sesuai dengan arahan Pemerintah Provinsi Bali.

Selain ATM, jalan tol juga ditutup. Menurut PT Jasamarga Bali Tol (JBT), tol Bali Mandara yang akan ditutup sementara.

Penutupan jalan tol yang menghubungkan Kota Denpasar-Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung itu akan dilakukan selama 32 jam, mulai hari Sabtu (13/3) kemarin malam pukul 23.00 WITA dan akan dibuka kembali pada hari Senin (15/3) esok pagi pada pukul 07.00 WITA.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka menghormati Hari Nyepi yang dirayakan umat Hindu di Bali, kami PT Jasamarga Bali Tol (JBT) secara kelembagaan senantiasa menghormati kearifan lokal salah satunya dengan menutup sementara Jalan Tol Bali Mandara secara keseluruhan," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, I Ketut Adiputra Karang dikutip dari Antara, Sabtu (13/3/2021).