Awas Macet! Ada Uji Coba Kendaraan Pengangkut Rel Kereta Cepat di Rute Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 15 Mar 2021 11:55 WIB
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dihentikan sementara karena disebut sebabkan banjir. Meski begitu proyek kereta cepat di Cikunir masih berjalan.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) hari ini melakukan uji coba rute untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Uji coba rute dilakukan dengan kendaraan pengangkut rel R.60 sepanjang 50 meter yang tidak diisi muatan.

Kendaraan pengangkut rel itu akan melalui beberapa ruas jalan tol sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan. Rute yang akan dilalui adalah Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Seksi E3 dan E2 (Rorotan-Cikunir), Jakarta-Cikampek, Cikampek-Padalarang (Cipularang) dan Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi).

Uji coba dilakukan hari ini sejak pukul 05.00 WIB. Estimasinya, total waktu perjalanan uji coba sekitar 7 jam termasuk waktu untuk berhenti, untuk pemeriksaan kendaraan Multi-Axle selama 30 menit.

Kendaraan pengangkut rel kereta cepat yang tidak diisi muatan itu akan memulai rute perjalanannya dari Dermaga 114/115 Pelabuhan Tanjung Priok dan masuk melalui Gerbang Tol (GT) Semper 2 Jalan Tol Akses Tanjung Priok.

"Angkutan lalu melanjutkan perjalanan ke Jalan Tol JORR Seksi E3 & E2 (Rorotan s.d Cikunir), Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan melintasi Simpang Susun Cikunir hingga menuju Jalan Tol Cipularang. Setelah itu, kendaraan terus melanjutkan perjalanan menuju Jalan Tol Padaleunyi," kata Kepala Divisi Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional, Bagus Cahya dalam keterangan tertulis dikutip Senin (15/3/2021).

Kendaraan pengangkut rel tersebut adalah kendaraan Multi-Axle Trailer 32 Axle yang dikawal oleh 4 kendaraan lainnya. Terdiri dari mobil storing, mobil kawalan dengan rotator, prime mover, dan mobil patwal.

Bagaimana dengan antisipasi di Tol Padaleunyi saat uji coba kereta cepat? klik halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Proyek Kereta Cepat Bikin Tol Banjir, PT KCIC Ngaku Kurang Koordinasi

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2