Jabatan Elon Musk di Tesla Berganti Jadi 'Technoking', Apa Artinya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 16 Mar 2021 09:45 WIB
Elon Musk Ngopi Mars
Foto: Twitter/Istimewa
Jakarta -

Elon Musk memutuskan menanggalkan jabatannya sebagai kepala eksekutif di Tesla. Kini Musk menjabat sebagai Technoking of Tesla.

Dikutip dari BBC, Selasa (16/3/2021), Musk masih akan mempertahankan posisinya sebagai pimpinan di perusahaan. Sementara Kepala Keuangan Tesla, Zach Kirkhorn saat ini memiliki gelar baru yakni Master of Coin.

Tesla sendiri tak menjelaskan apa alasan di balik pemberian gelar baru ini. Namun bisa jadi ini menyusul langkah Tesla yang membeli bitcoin sebesar US$ 1,5 miliar tahun ini. Ini terjadi setelah seorang investor menggugat Musk dan perusahaan karena ada serangkaian cuitan yang disebut telah melanggar hukum.

Pengacara Chase Gharrity menyebut Musk telah mengeluarkan pernyataan palsu tentang keuangan Tesla kepada puluhan juta pengikutnya.

Pada Mei 2020 lalu, Musk sempat mencuit klaim jika harga saham Tesla naik tinggi. Namun hal ini justru membuat kapitalisasi pasar perusahaan turun US$ 13 miliar.

Memang ini bukan kali pertama Musk menimbulkan masalah di media sosial. Musk dan Tesla pernah membayar denda US$ 20 juta setelah dia salah klaim dan mengunggahnya menjadi cuitan pada 2018 lalu. Saat itu cuitannya menyebut jika dirinya telah mendapatkan pendanaan US$ 72 miliar.

Cuitan ini memicu kemarahan investor karena dianggap sebagai penipuan. Belum lama ini Musk kehilangan predikat orang terkaya di dunia setelah saham Tesla anjlok.

Simak juga 'Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/eds)