Per 1 April, GeNose Bisa Dipakai Syarat Naik Pesawat di 4 Bandara Ini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 16 Mar 2021 12:17 WIB
PT KAI (Persero) melakukan uji coba penggunakan GeNose untuk mendeteksi COVID-19 di Stasiun Senen, Jakarta. Calon penumpang tampak antusias.
GeNose/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tes screening COVID-19 GeNose bisa digunakan untuk syarat penerbangan per 1 April. Nantinya ada empat bandara yang menerapkan screening GeNose di tahap awal.

"1 April kita akan mulai di sektor udara. Ini (GeNose) akan dilakukan bertahap. Ini akan dilakukan pada 4 bandara awalnya," ujar Budi Karya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021).

Dia menjelaskan empat bandara itu adalah Bandara Kualanamu, Bandara Husein Sastranegara, Bandara YIA, dan Bandara Juanda.

"Bukan Soekarno Hatta, tapi di Kualanamu, Bandung, Yogya dan Surabaya," kata Budi Karya.

Kemudian secara bertahap GeNose akan diterapkan di seluruh bandara yang ada di Indonesia per 1 Mei.

"Baru nanti akan perlahan dilakukan, 1 Mei targetnya sudah semua di seluruh Indonesia," ujar Budi Karya.

Budi Karya mengatakan GeNose didorong pemerintah untuk digunakan karena harganya lebih murah. Di stasiun kereta api saja, layanan screening GeNose harganya cuma Rp 20 ribu.

"Mengingat biaya antigen dan PCR cukup memberatkan, kami pemerintah dan beberapa operator mendorong temuan anak bangsa, yaitu GeNose. Ini relatif lebih murah, dan terjangkau," kata Budi Karya.

Simak Video: GeNose Akan Digunakan di Bandara Per 1 April 2021

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)