Kisah Pendiri Ultra Milk, Bangun Bisnis dari Usaha Rumahan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 17 Mar 2021 08:30 WIB
Closeup shot of a glass of milk on a dairy farm with cattle grazing in the background
Ilustrasi susu/Foto: Istock
Jakarta -

Siapa yang nggak tahu susu Ultra Milk? Susu kemasan ini sangat mudah ditemui, dari supermarket sampai ke warung-warung kecil. Ultra Milk sendiri diproduksi oleh PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk (ULTJ).

Keberadaan perusahaan tersebut tak lepas dari nama keluarga Prawirawidjaja. Ultrajaya didirikan oleh Ahmad Prawirawidjaja. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1958 ini mulanya hanya industri rumahan. Industri rumahan ini memproduksi susu dengan pengolahan yang sederhana.

Perusahaan pun berkembang dan menjadi perseroan terbatas pada pertengahan tahun 1970-an. Produksi susu pun juga telah menggunakan teknologi pengolahan secara Ultra High Temperature (UHT) dan teknologi pengemasan dengan kemasan karton aseptik (Aseptic Packaging Material).

Pada tahun 1975, mereka memproduksi minuman susu cair UHT secara komersil dengan merek dagang Ultra Milk. Kemudian pada 1978, minuman sari buah UHT Buavita diproduksi dan Teh Kotak pada tahun 1981. Hingga Desember 2019, perusahaan ini sudah memproduksi lebih dari 60 macam produk minuman UHT.

Ultra Jaya saat ini dipimpin Sabana Prawirawidjaja yang menjabat sebagai Presiden Direktur (Presdir). Sabana adalah anak tertua Ahmad Prawirawidjaja yang menjabat sejak tahun 1971 atau sudah 50 tahun.

Pria kelahiran tahun 1940 ini pertama kali menjabat sebagai bos besar Ultrajaya saat berusia 31 tahun. Pengangkatan terakhir Sabana menjadi Presdir didasarkan pada keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 27 Juni 2019. Jika dihitung, sudah 5 dasawarsa, Sabana Prawirawidjaja memimpin Ultrajaya.

Lanjut ke halaman berikutnya.

Simak juga 'Kisah Bos Cat Avian, dari Gang Kecil hingga Bangun Pabrik Besar':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2